Renungan

KARAKTER KRISTUS

102views

KARAKTER KRISTUS

Bacaan: 2 Samuel  15: 1 – 10

Apabila seseorang datang mendekat untuk sujud menyembah kepadanya, maka diulurkannyalah tangannya, dipegangnya orang itu dan diciumnya.  Cara yang demikianlah diperbuat Absalom kepada semua orang Israel yang mau masuk menghadap  untuk diadili perkaranya oleh raja, dan demikianlah Absalom mencuri hati orang-orang Israel. (2 Samuel 15 : 5 – 6)

Setiap orang percaya yang telah bertumbuh dalam Kristus, harus memiliki karakter-Nya dalam hidup mereka. Karisma yang menarik tanpa karakter yang luhur akan menjerumuskan orang yang hidup di dalamnya ke dalam jurang kebinasaan. Memang karisma, seperti bakat, penampilan yang menarik dan kemampuan yang istimewa akan membuat orang lain terpukau terhadap pribadi yang menyandangnya.

Namun apabila semua itu tidak disertai dengan karakter yang luhur maka karisma tersebut akan berbalik menjadi bumerang yang mencelakakan diri yang bersangkutan. Sebab ketidakseimbangan antara karisma dan karakter tersebut akan membuat orang tersebut menjadi lupa diri sehingga pada akhirnya justru ia akan terjungkal jatuh ke bawah oleh karena sanjungan orang dan kesombongan dirinya.

Hal itulah yang dialami oleh Absalom sebagaimana yang dicatat di dalam 2 Samuel 15. Di dalam karismanya yang luar biasa ia mencuri hati orang Israel dengan penampilannya yang sangat menarik dan perilakunya yang seakan-akan memperhatikan orang lain yang berjumpa dengan dirinya.

Padahal di balik semuanya itu tersembunyi karakter yang busuk sebagaimana yang nampak di dalam niatan hatinya untuk merebut takhta kerajaan dari ayahnya sendiri. Pada akhirnya ia memberontak dan menista Daud yang adalah ayah kandungnya dan yang sangat mencintai dirinya. Pemberontakan yang di kemudian hari membawa dirinya kepada kebinasaan yang menyayat hati.

Berhati-hatilah dengan pesona dunia ini, jangan hanya melatih bakat, kharisma dan kemampuan. Namun harus diimbang dengan peningkatan karakter kita di dalam Tuhan.

Inspirasi : Apakah karakter kita  mencerminkan seorang pengikut Kristus? Apakah orang hanya terpesona karena kemampuan kita serta kharisma kita ? Masih ada waktu untuk berubah dan mohon hikmat Tuhan untuk memiliki karakter Kristus. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments