Renungan

TETAP BERTAHAN SAMPAI AKHIR

520views

TETAP BERTAHAN SAMPAI AKHIR

Bacaan : Ibrani 12 : 1- 13

Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya. ( Ibrani 12 : 11)

Sebuah adagium mengatakan, Latihan membawa perubahan. Dalam dunia olah raga misalnya, ini sangat dipahami. Di kejuaraan Olimpiade, para pelari tercepat di dunia berlomba untuk memperebutkan medali emas. Jauh sebelum pelaksanaan acara, diadakanlah seleksi lomba di seluruh negara untuk menemukan atlet-atlet yang tepat. Di Olimpiade, hanya atlet tercepat yang boleh mengikuti perlombaan terakhir.

Dalam kitab Nabi Yeremia dituliskan seakan Yeremia juga terlibat dalam sebuah pertandingan yang ketat namun ia bertanding dengan para penyembah berhala & imam yang jahat. Ia menjawab panggilan Tuhan untuk menghukum Yehuda dan memberitahu kejatuhannya. Ia menjadi begitu putus asa dan bertanya kepada Tuhan, “Mengapakah mujur hidup orang-orang fasik?” (Yeremia 12:1).

Pada saat itulah Allah berkata kepada Yeremia, “Pertandingan baru saja dimulai. Sejauh ini, kamu baru saja berurusan dengan perkara-perkara yang kecil. Apabila kelak masalah-masalah yang sangat sulit datang (bersaing melawan kuda), bagaimana kamu akan menanganinya?”

Dalam bacaan kita hari ini juga kita diingatkan, bahwa Allah juga melatih kita agar tidak menjadi anak-anak yang gampang (manja). Mungkin saudara baru saja menghadapi beberapa kesulitan: masalah dengan atasan, keluarga, penyakit, atau konflik di pelayanan saudara. Mohonlah kepada Tuhan untuk dikuatkan dalam menghadapi masalah itu. Namun sebagai jawaban, Dia dapat saja berkata,
” Jadilah kuat. Bertahanlah . Masalahmu mungkin akan semakin berat.”
Seperti ayat mas hari ini, memang pada saat ujian atau masalah itu datang kita merasa berat dan tidak kuat, namun akhirnya kita akan mengerti maksud Tuhan.

Inspirasi : Tuhan pasti akan mendampingi saudara untuk menguatkan dan menopang. Itulah yang dilakukan-Nya. Bertahanlah sampai akhir, karena kemenangan ada di depanmu. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments