Renungan

KETAMAKAN AWAL DARI KEHANCURAN

176views

KETAMAKAN  AWAL DARI KEHANCURAN

Bacaan  I Raja raja 21 : 1 – 10

Sesungguhnya tidak pernah ada orang seperti Ahab yang memperbudak diri dengan melakukan apa yang jahat dimata Tuhan, ……… ( I Raja raja 21 : 25)

Kisah tentang raja Ahab dan isterinya ratu Izebel dalam kitab Raja-raja selalu dipenuhi dengan hal yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan. Dalam bacaan hari ini kembali kita diajak untuk melihat betapa serakah dan tamaknya hati raja Ahab. Walaupun dia telah memiliki banyak kekayaan, tetapi itu belum cukup. Dimatanya selalu ada hal yang bukan miliknya, tetapi karena menarik hatinya, maka dia harus  memilikinya. Apalagi dukungan dari sang istri yang makin menjerumuskan dia.Dalam kehidupan kita sebagai orang percaya, dunia ini juga menawarkan banyak hal yang sangat menarik untuk kita miliki, seringkali  hal itu membuat kita menjadi tamak dan bahkan serakah, sehingga semua itu mengalihkan perhatian kita untuk menyenangkan hati Tuhan. Para pemburu monyet di Afrika, menggunakan bejana khusus berleher panjang untuk menangkap buruannya. Bejana itu diisi dengan makanan dan biji-bijian. Kemudian ditempatkan di dahan yang sering dilalui rombongan monyet. Karena bentuknya yang menarik dan tentu isinya yang  ingin dinikmati. Ketika para monyet melihat dan tangannya meraih isi bejana itu dengan menggenggam dan berusaha mengeluarkan isinya, maka tangannya tidak dapat dikeluarkan. Bodohnya para monyet ini, tidak mau melepaskan genggamannya, tetapi dengan tamak  mempertahankan tangan tergenggam yang memegang makanan didalam bejana itu. Karena gerakannya menjadi sangat terbatas, maka para pemburu dapat menangkap mereka dengan mudah. Mungkin kita tertawa membaca kebodohan monyet ini, tetapi kadang kala kita juga berperilaku tamak seperti mereka.

Renungkan : Tuhan mempercayakan harta, kedudukan, ketrampilan, kemampuan, dll, kepada kita. Jangan sampai kita serakah dan tamak melihat milik orang lain yang kemudian mengalihkan fokus kita dalam menyenangkan hati Allah. Hal  itu merupakan awal dari kehancuran kita  ( WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response