Renungan

MANAJEMEN PENCIPTAAN

325views

Bacaan : Kejadian 1 : 11

Berfirmanlah Allah: “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian. (Kejadian 1 : 11)

Northwest Territorie Forest Management menjelaskan bahwa rata-rata 1 pohon menghasilkan hampir 260 pon (hampir 118 kg) oksigen setiap tahun, dimana dua pohon besar dapat menyediakan oksigen yang cukup untuk empat orang. Sementara Thomas Crowhter, peneliti dari Universitas Yale di Amerika mengemukakan perkiraan jumlah pohon saat ini kurang lebih 3 trilliun. Luar biasa, jika satu pohon bisa menyediakan kebutuhan oksigen untuk empat orang maka dengan jumlah pohon yang ada saat ini tersedia oksigen untuk 12 triliun manusia dalam setahun. Dengan demikian sebenarnya perbandingan jumlah oksigen yang tersedia dengan populasi manusia saat ini dan yang akan datang, terlalu besar dan sangat berlimpah ruah disediakan Tuhan.

Alkitab menjelaskan manajemen penciptaan yang dikerjakan oleh Tuhan demi keberlangsungan makhluk hidup di atas muka bumi. Di hari ke-3 dari penciptaan (Kejadian 1:9-13) dijelaskan bahwa Tuhan mengeluarkan tumbuh-tumbuhan dari tanah setelah Ia memunculkan daratan dengan mengumpulkan air di bawah langit menjadi satu tempat. Di masa inilah sebenarnya untuk pertama kalinya makluk hidup diciptakan Tuhan. Dengan kehadiran tumbuh-tumbuhan di hari ketiga ini kita dapat memahami hikmat dan seni penciptaan Tuhan yang begitu luar biasa. Tumbuh-tumbuhan dimunculkan setelah bumi, air, cakrawala (ruang) dan cahaya terlebih dahulu disediakan, dimana keempat unsur ini pada dasarnya merupakan kebutuhan utama untuk makluk hidup bisa eksis dan hidup. Tumbuh-tumbuhan mendapat makanan dari bumi dan air yang menyediakan mineral dengan berlimpah, sementara cahaya tercipta untuk memasak makanan dan ruang disediakan untuk bertumbuh. Tumbuh-tumbuhan dihadirkan terlebih dahulu sebelum binatang dan manusia diciptakan Allah karena tumbuh-tumbuhan di kemudian hari akan menjadi makanan bagi binatang dan manusia, dan menjadi suplier oksigen bagi seluruh makluk hidup. Begitu juga manusia sebagai yang terakhir diciptakan Tuhan supaya manusia dapat menikmati segala sesuatu yang telah diciptakan terlebih dahulu. Luar biasa bukan?

Prinsip utama dari firman Tuhan hari ini adalah Tuhan memahami apa yang menjadi kebutuhan utama ciptaanNya, terutama manusia. Tuhan menyediakan segala sesuatu untuk menopang kehidupan yang telah diciptakanNya dengan berlimpah ruah sehingga keberlangsungan kehidupan dijamin oleh Tuhan Allah sendiri sebagai pencipta dari segala sesuatu. Dengan demikian kita dapat mengaminkan apa yang Tuhan Yesus sendiri katakan kepada banyak orang, “Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.” (Matius 6:31-32)

Inspirasi : muliakanlah Tuhan atas kebesaranNya dan pemeliharaanNya bagi ciptaanNya. Hal-hal apa saja yang membuat Anda kuatir? Serahkanlah kepada Tuhan sumber segala berkat dan ketersediaan. (ZK)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments