Renungan

TETAPI ENGKAU : IKUTLAH AKU

197views

TETAPI ENGKAU: IKUTLAH AKU

 Bacaan : Yohanes 21:15-23

“Jawab Yesus: “Jikalau Aku menghendaki supaya Ia tinggal hidup sampai Aku datang, itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: Ikutlah Aku.” (Yohanes 21 : 22)

Albert Einstein pernah diusir dari sekolah karena lamban berpikir. Thomas Alfa Edison hanya menempuh pendidikan formal beberapa bulan. Shakespeare seorang lumpuh tetapi menjadi sastrawan terkenal. Beethoven seorang yang tuli tetapi menjadi komponis musik klasik terkenal. Napoleon Bonaparte postur tumbuhnya sangat pendek tetapi menjadi seorang pejuang yang terkenal. Louis Braille buta karena alat penjahit sepatu, namun dengan alat yang sama, ia menciptakan huruf Braille untuk orang buta. Tuhan memakai mereka secara unik sesuai rencana-Nya.

Tuhan Yesus sempat mengingatkan Petrus bahwa ia harus belajar, bahwa Tuhan mempunyai rencana berbeda-beda untuk setiap orang yang dikehendaki-Nya. Bagaimana tentang Yohanes ke depan itu adalah urusan Tuhan. Ia juga  punya rencana yang khusus bagi Petrus, sehingga yang penting Petrus ikut Dia saja. Mengenai hal ini Warren Wiersbe menulis, “Dengan berkata, “Ikutlah Aku,” Yesus mengembalikan lagi kedudukan Petrus sebagai rasul. Namun, Petrus berpaling dan mengalihkan pandangannya dari Tuhan (Matius 14:30) sehingga Tuhan harus menegurnya. Jika suatu kali anda tergoda untuk ikut campur pelayanan orang lain, renungkanlah perkataan Kristus, “Itu bukan urusanmu. Tetapi engkau: ikutlah Aku.”  Tuhan juga telah menempatkan kita secara unik sesuai dengan rencana-Nya. Kristus sendiri yang melantik dan mempercayakan setiap orang yang dipanggil-Nya untuk mengemban tugas sesuai kasih karunia-Nya. Jikalau para ilmuwan saja sudah berkarya menjadi berkat bagi dunia, bagaimana dengan kita?

Inspirasi: Setiap orang telah diciptakan secara unik dan panggilan untuk melayani Tuhan pun bersifat unik dan personal. Setiap orang akan bertanggung jawab sesuai karunia yang dipercayakan kepadanya. (BB)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response