Multiplikasi
Multiplikasi.Com

ALLAH BERDAULAT

0

ALLAH BERDAULAT

1 Tawarikh 29:11-12

 “Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran, dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di lagit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala. Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari padaMu dan Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya; dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan; dalam tangan-Mulah kuasa membesarkan dan mengokohnya segala-galanya.”

Allah berdaulat—serahkan diri saudara pada kehendak-Nya dengan sukacita. Allah  adalah penguasa yang berdaulat atas alam semesta. Tidak ada penguasa yang lebih tinggi. Allah kita yang luar biasa memiliki semua kemampuan yang Ia butuhkan untuk mengatur segalanya. Ia Mahakuasa, sehingga tidak ada yang dapat memaksa-Nya melakukan sesuatu yang berlawanan dengan kehendak-Nya. Dia Mahahadir, sehingga tidak ada yang dapat bersembunyi dari-Nya. Dia Mahatahu, sehingga tidak ada yang tidak Ia ketahui.

Tidak ada yang terjadi tanpa ijin-Nya. Allah memerintah kekuatan alam dan memakainya untuk mencapai tujuan-tujuan-Nya. Ia membuat hukum-hukum alam yang mengatur alam semesta. Bahkan Iblis dan pasukannya hanya dapat bergerak dalam batas yang diberikan-Nya.

Allah juga berdaulat mengarahkan manusia, keadaan, dan kejadian-kejadian. Daniel menjelaskan “(Allah) mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja” (Daniel 2:21). Jika bukan Allah yang terus memelihara, tidak ada dari kita yang dapat bertahan hidup. “Bahwa di dalam tangan-Nya terletak nyawa segala yang hidup dan nafas setiap manusia?” (Ayub 12:10).

Apakah keadaan pernah membuat saudara  kewalahan? Jangan menyerah: Tuhan kita yang penuh kasih masih memgang kendali, dan Dia sedang mengarahkan hidup Anda. Amsal 19:21 menyatakan “Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana”.

Pada kenyataannya, kesulitan dan penderitaan adalah alat di tangan Allah yang berdaulat untuk membuat kita serupa dengan gambar Yesus Kristus. Alkitab berkata, “Bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebajikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah” (Roma 8:28).

Inspirasi: Allah kita yang berdaulat secara aktif mengarahkan ciptaan-Nya sesuai rencana-Nya sejak awal. Tetapi dalam konteks rencana agung-Nya, Ia memberikan kita kebebasan untuk terlibat di dalamnya. Apakah Anda memilih untuk bekerja sama dengan-Nya? “Aku tahu, ya TUHAN, bahwa manusia tidak berkuasa untuk menentukan jalannya, dan orang yang berjalan tidak berkuasa untuk menetapkan langkahnya.” (Yeremia 10:23) (WB/IS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link