Renungan

BELAJAR DARI ANAK-ANAK

389views

Bacaan:  Markus 10:13-16

“Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.”  (Markus 10:14)

Banyak orang ingin menikmati hidup dalam suasana sorgawi seperti perkataan Kristus dalam dialog di atas. Namun bagaimana caranya agar kita dapat mengalami Kerajaan Sorga di bumi?  Tuhan mengajarkan kita untuk menjadi seperti seorang anak kecil.  Apa maksudnya?  Apakah kita harus berperilaku seperti anak kecil?  Bukan itu maksudnya.  Menjadi seperti anak kecil bukan berarti menjadi kekanak-kanakan, tetapi kita belajar sikap positif yang mereka miliki.

Ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari kehidupan seorang anak kecil, di antaranya adalah:

  1. Kesederhanaan.  Anak kecil itu sederhana, polos, belum tercemar oleh pikiran-pikiran negatif, apa adanya, tidak ada yang dibuat-buat alias tidak munafik. Sifat anak kecil yang belum terkontaminasi oleh sikap atau sifat jahat yang sering kita lihat.

    2.  Mudah diajar. Anak kecil mudah sekali diajar.  Apa pun yang diajarkan akan mudah sekali terserap dan tersimpan di dalam memori otaknya.  Milikilah hati yang mau diajar!  Ada banyak orang Kristen tak mengalami pertumbuhan rohani karena mereka sulit sekali diajar, apalagi ditegur atau dinasihati, mudah sekali marah dan tersinggung.  Kita harus mempertajam pendengaran kita terhadap ajaran firman Tuhan dan memiliki roh yang mudah diajar agar kita dapat menikmati Kerajaan Sorga di bumi ini.

    3. Percaya penuh kepada orang tua.  Seorang anak kecil sangat bergantung penuh kepada orang tuanya.  Ia tidak pernah merasa takut dan kuatir tentang apa pun karena ia sangat percaya bahwa bapanya pasti melindungi dan menyediakan apa yang ia perlukan.  Seorang yang memiliki kepercayaan penuh kepada Tuhan pasti akan mengalami Kerajaan Sorga di bumi, karena ia tahu bahwa ia punya Bapa yang baik, yang adalah Sang empunya segala-galanya.

    4. Mudah memaafkan.  Tak mudah bagi orang dewasa untuk memaafkan kesalahan orang lain. Biasanya kita cenderung mendendam, sakit hati dan sulit mengampuni.  Berbeda dengan seorang anak kecil!  Meskipun baru bertengkar dengan teman, secepat itu pula mereka akur kembali dan saling memaafkan.  

Inspirasi : Memiliki kerendahan hati, mau diajar, percaya penuh kepada Tuhan dan memiliki kasih Ilahi adalah kunci untuk mengalami Kerajaan Sorga di bumi. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments