Renungan

BERDOA UNTUK SESAMA ORANG PERCAYA

197views

Bacaan : Kolose 1 : 3

 “Kami selalu mengucap syukur kepada Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus,

 setiap kali kami berdoa untuk kamu,” (Kolose 1:3)

“Kami mendoakan saudara“ – suatu kalimat klise dalam lingkup kekristenan yang seringkali hanya untuk menguatkan orang lain, atau untuk menunjukkan bahwa seseorang peduli dengan orang lain. Tetapi, tidak semua orang yang mengucapkan kalimat itu sungguh-sungguh berdoa.

Paulus adalah pendoa syafaat bagi orang-orang yang dilayaninya. Gereja di Kolose berdiri oleh karena pelayanan Epafras, seseorang yang percaya pada saat Paulus melayani di Efesus. Epafras membawa berita Injil itu ke Kolose. Paulus mungkin tidak pernah mengunjungi jemaat di Kolose (Kolose 2:1). Tetapi,  ia memelihara hubungannya dengan jemaat di sana melalu Epafras dan rekan sekerjanya di Kolose. Dan ia selalu berdoa untuk mereka. Ketika ia mengatakan berdoa, dia benar-benar berdoa.

Kadang-kadang kita tidak tahu bagaimana harus berdoa untuk para misionaris atau hamba Tuhan, pemimpin-pemimpin Kristen atau orang Kristen lain yang tidak pernah kita temui atau kenal secara pribadi. Melalu doa Paulus, kita belajar bagaimana seharusnya berdoa bagi orang Kristen lain, baik yang kita kenal atau tidak. Kita dapat berdoa:

a) Mengucap syukur kepada Allah untuk iman dan kehidupan mereka yang telah diubahkan. (ay. 3);

b) Supaya Allah memberikan hikmat dan pengertian yang benar agar mereka mengerti kehendak Allah dalam hidup mereka (ay.9);

c) Agar hidup mereka layak dan berkenan kepada Allah dalam segala hal (1:10);

d) Agar mereka berbuah dalam segala perbuatan yang baik (1:10);

e) Agar mereka bertumbuh dalam pengenalan yang benar tentang Allah (ay. 10);

f) Agar Allah memberikan kekuatan kepada mereka supaya dapat menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar (ay.10);

g) Agar mereka tetap bersukacita dan mengucap syukur (ay.12).

Inspirasi: Jika tidak tahu bagaimana berdoa untuk orang Kristen lain yang tidak saudara kenal. Gunakan model doa Paulus bagi jemaat di Kolose. Banyak orang memerlukan doa saudara. ( R )

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response