Renungan

SALING MEMBANGUN

1.2kviews

Bacaan : 1 Tesalonika 5 : 11 – 14

“Karena itu nasihatilah seorang akan yang lain dan saling membangunlah kamu seperti yang memang kamu lakukan.”
(1 Tesalonika 5:11)

Besi menanamkan besi, orang membangun sesamanya, “ demikian kata Amsal. Kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Tidak ada orang yang dapat hidup sendiri. Persekutuan antar manusia itu dapat digunakan dan berpengaruh positif, tapi juga negatif.

Jemaat di Tesalonika masih sangat muda dan membutuhkan pertolongan dan dorongan. Karena itu Paulus menguatkan jemaat yang masih muda ini dan memberikan contoh-contoh spesifik bagaimana seharusnya mereka hidup sebagai orang percaya dengan sesamanya. Ayat 11 – Saling membangun, dengan cara memberitahu  orang lain kualitas yang saudara kagumi dalam diri orang tersebut. Ini membutuhkan ketulusan dan kerendahan hati.

Ayat 12-13 – Menghormati & menjunjung pimpinan dalam kasih, dengan mencari cara untuk bekerja sama. Menahan kritik yang tidak membangun. Berterimakasih dan mengungkapkan penghargaan bagaimana saudara merasa ditolong melalui kepemimpinan mereka serta hidup dalam damai.

Ayat 14 – Menegor yang tidak tertib, menghibur yang tawar hati, membela yang lemah, dengan cara mengingatkan mereka akan firman Tuhan. Mendukung yang lemah dengan mengasihi dan berdoa bagi mereka. Sabar, pikiran situasi yang mencobai kesabaran saudara, dan rencanakan bagaimana supaya saudara dapat tetap sabar.

Seorang profesional yang sudah sibuk dengan pekerjaannya berkata,”Saya rindu waktu-waktu bersama sesama rekan mahasiswa belajar dalam kelompok pemuridan ketika kuliah. Saat itulah iman dan pengetahuan saya tentang Alkitab bertumbuh pesat.” Benar, kita dapat saling membangun. Karena dalam kelompok – kelompok pemuridan kita dapat saling mendorong, saling belajar sabar, belajar mengatasi masalah dan masih banyak yang lainnya.

Inspirasi: Kehidupan Kristen tidak dapat kita jalani sendiri dengan kekuatan kita, tetapi melalui kuasa Roh Kudus yang ada dalam kita dan yang bekerja di dalam diri sesama kita. ( R )

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response