Renungan

HIKMAT = TAAT

309views

HIKMAT = TAAT

Bacaan: 1 Raja-raja 10: 1 -13

Dan ia berkata kepada raja: “Benar juga kabar yang kudengar di negeriku tentang engkau dan tentang hikmatmu,” (1 Raja-raja 10 :  6)

Bepergian ke tempat wisata  membuat orang dapat melupakan stres sejenak karena rutinitas di kantor atau di rumah. Bermunculan kelompok –kelompok wisata untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah juga tempat-tempat yang memiliki pemandangan indah yang mereka baca dari majalah atau dengar dari teman.

Tetepi tidak demikian dengan Ratu negeri Syeba, ia pergi ke Yerusalem bukan untuk berwisata, tetapi karena ia mendengar kabar tentang Salomo yang penuh hikmat dan ingin membuktikan apakah apa yang ia dengar benar demikian. Ia rela menempuh perjalanan yang panjang dari negerinya (sekarang daerah Ethiopia atau Yaman) berjalan menuju Yerusalem. Ia datang ke Yerusalem dengan pasukan pengiring yang sangat besar, dengan unta-unta yang membawa rempah-rempah, sangat banyak emas dan batu permata yang mahal-mahal (ay.2).  Mengapa?  Karena Raja Salomo melebihi semua raja di bumi dalam hal kekayaan dan hikmat (ay.23) bahkan di katakan “seluruh bumi” pada saat itu berusaha menghadap Salomo untuk menyaksikan hikmat yang telah ditaruh Allah di dalam hatinya (ay.24). Sungguh suatu hal yang luar biasa.

Dengan segala sesuatu yang ia miliki, Salomo mulai melupakan Tuhan, dan membiarkan istri-istri dari negara-negara sekitar yang tidak mengenal Tuhan mempengaruhi hidupnya. Sedikit demi sedikit  kehidupan rohaninya mulai kendor. Walaupun Salomo tahu apa kehendak Tuhan baginya, “Janganlah kamu bergaul dengan mereka dan  kepada allah-allah mereka.” Hati Salomo telah terpaut kepada mereka dengan cinta (1 Raja-raja 11:2). Ia memilih untuk tidak menaati Tuhan.

Insipirasi: Apa yang membuat kerohanian anda mulai kendor? Allah tahu kekuatan dan kelemahan kita. Dan perintah yang Ia berikan adalah selalu untuk kebaikan kita. Tidak cukup tahu dan percaya akan Firman Tuhan. Kita perlu menaatinya secara serius. (R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response