Renungan

JANGAN SIMPAN DOSA

345views

JANGAN SIMPAN DOSA

Bacaan: 1 Raja-Raja 11:1-13

“Sebab pada waktu Salomo sudah tua, istri-istrinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya.” (1 Raja-raja 11 :4) 

Kita semua tahu bahwa Salomo adalah seorang yang hebat. Sejak masih muda ia menyadari perlunya hikmat, bukan yang lain. Sehingga, ia pun meminta hikmat dari Allah. Orang datang dari jauh untuk mendengar hikmat dan membawa persembahan baginya, termasuk ratu negeri Syeba (1 Raja-Raja 10:1-13). Alkitab bahkan mencatat penghasilan dan kekayaan Salomo (1 Raja-Raja 10:14-28). Tetapi sayang sekali, memiliki hikmat bukan berarti Salomo tidak mempunyai kelemahan atau melakukan kesalahan. Dan kelemahannya adalah dalam hal ‘wanita’. Sejak awal Salomo telah mengetahui bahwa Allah melarang orang Israel untuk bergaul dan menikah dengan bangsa lain. Tetapi Salomo memilih untuk mengabaikannya. Bayangkan, ia mempunyai 700 istri dan 300 gundik (ayat 3)!! Selain untuk kenikmatan fisik, ia mungkin menikah untuk memperkuat posisi politiknya. Akibatnya, istri-istrinya membuat Salomo tidak lagi berpaut sepenuh hati kepada Tuhan (ayat 4). Salomo memang tidak langsung berpaling dari Allah dalam waktu singkat. Hati Salomo yang suam dimulai ketika ia mulai tidak taat kepada Allah pertama kali dengan menikahi putri Firaun (1 Raja raja 3:1). Hal ini mungkin kelihatan sepele. Bertahun-tahun kemudian ‘dosa kecil’ tadi bertumbuh sehingga mengakibatkan kejatuhan Salomo. Satu dosa kecil yang merupakan langkah awal sehingga ia berpaling dari Allah. Jangan biarkan dosa sekecil apapun bercokol dalam hati dan pikiran saudara karena ia seperti kanker yang mematikan,  Jangan buat alasan. Akui dihadapan Tuhan, minta pengampunanNya dan minta Allah menguatkan saudara.

Inspirasi: Saudara mungkin orang hebat, memiliki iman yang kuat. Tetapi saudara juga mempunyai kelemahan. Dan biasanya itu merupakan tempat dimana saudara biasanya dicobai dan dikalahkan. Perkuat dan lindungi ‘wilayah lemah’ saudara. (R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response