Renungan

MENGHADAPI KONFLIK

128views

Bacaan : Roma 12: 16-21

Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! (Roma 12 : 8) 

Allah selalu menginginkan yang terbaik untuk kita dan ingin agar kita menikmati kehidupan seperti yang Ia kehendaki. Salah satunya, Allah ingin kita hidup berdamai dengan orang lain. Mengapa ini penting? Karena konflik dengan orang lain menghalangi persekutuan kita dengan Tuhan.

1 Yohanes 4:20 mengatakan,  “Jikalau seorang berkata: ‘Aku mengasihi Allah,’ dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.”  Konflik yang tidak terselesaikan menghalangi doa-doa kita. Berkali-kali dalam alkitab dikatakan bahwa jika ada pertengkaran dan perselisihan, doa kita terhalang.

Kita  tidak dapat merasa bahagia dan stress karena konflik, pada saat yang bersamaan. Ketika konflik ada di depan pintu, kebahagiaan akan tergusur ke belakang.

Kita sering mendengar ungkapan, “Waktu akan  menyembuhkan segalanya”. Waktu tidak menyembuhkan apa-apa! Jika waktu menyembuhkan segalanya, kita tidak perlu pergi ke dokter. Sebenarnya, waktu memperburuk keadaan. Bila anda memiliki luka terbuka dan  tidak mengobatinya, hal itu akan mengganggu. Kemarahan dapat berubah menjadi dendam, dan kebencian berubah menjadi kepahitan. Konflik tidak akan dapat selesai dengan sendirinya. Kita harus menghadapi dan menyelesaikannya. Hanya orang-orang pemberani yang menyelesaikan konflik: apakah dalam pernikahan, dengan anak-anak atau  rekan kerja atau siapa pun. Dari mana anda mendapatkan keberanian untuk menghadapinya? Dari Tuhan. Bila kasih anda lebih besar dari rasa takut, anda akan melakukan hal-hal yang anda takutkan. Itulah keberanian.

Inspirasi: Tidak mudah mengasihi semua orang tanpa terkecuali. Orang yang baik, membuat kita gembira/ bahagia, orang-orang yang sulit/menjengkelkan memberikan kita pengalaman bagaimana seharusnya bersikap menghadapi mereka. Kedua hal tersebut penting dalam hidup ini. (R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response