Renungan

ORANG KECIL YANG SIGNIFIKAN (2)

167views

ORANG KECIL YANG SIGNIFIKAN (2)

 2 Raja-Raja 5: 13-19

Tetapi pegawai-pegawainya datang mendekat serta berkata kepadanya: “Bapak, seandainya nabi itu menyuruh perkara yang sukar kepadamu, bukankah bapak akan melakukannya? …”  (2 Raja-raja 5 : 13)

Naaman  sudah memulai sesuatu yang baik, namun kepercayaan dirinya naik turun. Ketika dia mendengar dari istrinya perihal nabi di Israel, dia percaya dan ingin ke sana. Namun dia kurang yakin tanpa surat sakti dari rajanya bagi raja Israel. Selanjutnya, dia pergi menemui raja Israel, memberikan surat dari raja Aram yang segera membuat heboh, salah paham dan takut dan tidak segera menemui nabi yang dimaksud  atau yang diceritakan oleh budaknya. Bagaimana dengan pegawainya? Mereka hanyalah pengawal namun mereka tahu untuk apa tuannya jauh-jauh pergi dan merendahkan diri menemui raja Israel dan juga nabi asing. Mereka tahu kondisi fisik dan mental Naaman saat itu. Dan kepedulian mereka turut mengubah sejarah besar perihal pertobatan seorang asing yang kemudian percaya pada Allah Israel dan peristiwa kesembuhannya yang luar biasa. Naaman belum tentu mengakhiri misinya dengan berhasil tanpa ‘sentilan’ dari bawahannya ini. Dia belajar tentang kerendahan hati dihadapan Allah dan manusia. Siapa pun kita saat ini, apakah “hanya seorang bawahan” bahkan mungkin bawahan bagi orang yang tidak percaya Tuhan.

Namun kita tetap memiliki peluang untuk peduli, memotivasinya saat sedang menghadapi pergumulan dan bahkan mendorongnya untuk maju. Dan dengan pertolongan Tuhan tetap berusaha memperkenalkan Allah yang sangat baik dan setia. Sebaliknya jika kita memiliki posisi sebagai pembesar seperti Naaman, ada kalanya kita mengalami pasang surut bukan saja bisnis dan karier namun juga karakter, keteguhan hati. Ingatlah bahwa Tuhan bisa memakai orang-orang sederhana di sekeliling kita.

Inspirasi: Jangan mudah terombang-ambing oleh situasi dan kebimbangan, Tetaplah setia dan mempercayai Tuhan  dalam setiap pergumulan hidup dan nikmatilah kuasa-Nya. (WDj)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response