Multiplikasi
Multiplikasi.Com

ORANG KECIL YANG SIGNIFIKAN (1)

0

ORANG KECIL YANG SIGNIFIKAN (1)

 II Raja-raja 5:1-5

Berkatalah gadis itu kepada nyonyanya: “Sekiranya tuanku menghadap nabi yang di Samaria itu, maka tentulah nabi itu akan menyembuhkan dia dari penyakitnya.”  (II Raja-raja 5 : 3)

Dalam kisah Naaman, gadis tanpa nama ini tercatat menjadi perintis misi lintas budaya yang luar biasa. Saat kita mempelajarinya kita mengetahui  bahwa: (1) Ia yakin dengan apa yang diimaninya, betapa hebat Yahweh dan Nabi-Nya, sekalipun negeri Aram lebih besar dan kuat dibanding Israel. (2) Ia peka dan peduli dengan penderitaan majikan/kaum penjajah dengan memberitakan tempat mengupayakan  kesembuhan yang benar. (3) Ia berani meyakinkan nyonya majikannya bahwa Nabi Elisa pasti mampu menyembuhkan Naaman.

Dilihat dan minimnya informasi perihal gadis ini, mungkinkah dia telah mengenal nabi Elisa secara pribadi? Pernahkah dia melihat nabi menyembuhkan banyak orang berpenyakit kusta? Atau seberapa besar pendidikan rohani dari orang tuanya dan seberapa intens dia menjalani hidup peribadatan di Bait Allah bersama orang tuanya? Sebagai kanak-kanak yang sangat terbatas oleh himpitan situasi yang membuatnya terbuang jauh dari negeri dan keluarganya (yang mungkin telah mati) dan sekedar menjadi budak tawanan, tidak mungkin mencetaknya menjadi pribadi yang hebat seperti itu. Kuncinya bukan semata-mata seberapa banyak mujizat Tuhan yang dilihat dan seberapa dalam pengajaran iman yang dipelajarinya, namun hati yang percaya dengan penuh iman dan keberaniannya bersaksi itulah yang membuatnya menjadi besar dalam sejarah kerajaan Allah. Siapapun kita saat ini, entah hanya “orang biasa” seperti gadis ini, atau mungkin orang besar yang ternama dan kaya seperti Naaman, Tuhan mengajar kita untuk berani mempercayai dan meyakini kuasa Allah atas semua persoalan hidup kita saat ini.

Inspirasi: Banyak kesempatan menjadi tokoh sejarah bagi orang-orang dalam lingkup pengaruh kita, mari kita memperkenalkan Allah kita yang dahsyat kepada dunia. (WDj)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link