Renungan

PROSPEK ORANG MERDEKA

145views

Bacaan : Kisah Para Rasul 9:19-31

“Akan tetapi Saulus semakin besar pengaruhnya dan Ia membingungkan orang Yahudi yang tinggal di Damsyik, karena Ia membuktikan bahwa Yesus adalah Mesias.” (Kisah Para Rasul 9:22)

Definisi kata “pengaruh”, menjadi isu utama dalam setiap pembahasan tentang apa dan siapa itu pemimpin. Salah satu pakar kepemimpinan, John Maxwell, mengakui pemimpin adalah orang yang berpengaruh. Orang berpengaruh tidak selalu dari jabatan struktural, tetapi juga non struktural dimana setiap orang memiliki potensi memberi pengaruh, meskipun dalam tataran yang paling kecil.

Dalam sejarah pernah tampil orang- orang berpengaruh, termasuk ilmuwan Einstein (1879-1955). Ia dikenal dengan teori relatifitasnya yang luar biasa itu. Ia pun sudah tiada, tetapi karya ilmiahnya tak pernah terlupakan.

Ia telah menjadi seorang yang memberi prospek sejarah sepanjang zaman. Prospect: The possibility of future success. Ia membuktikan penemuannya dan telah menjadi konsumsi ilmu pengetahuan yang up to date.

 Bagaimana dengan Paulus? Ia pun adalah orang yang telah menjadi prospek dalam kekristenan. Kehidupannya, cukup panjang telah ditulis dalam Alkitab. Sejarah umum tidak memiliki sumber informasi yang cukup tentang Paulus, kecuali dari Alkitab. Paulus ketika dipanggil, Tuhan mengatakan bahwa ia akan memberitakan dan membuktikan kebenaran Kristus. Dan itu telah terjadi, dimana dalam pelayanannya banyak orang menerima walaupun banyak yang menolak pemberitaannnya. Bagi yang menerimanya beroleh kehidupan dan kemerdekaan, sementara yang menolaknya beroleh kebinasaan (cf. 1 Kor 1:18).

Satu hal lagi bahwa, selain ia memberitakan injil dan memuridkan secara langsung dimasa hidupnya iapun menulis surat- surat di bawah pimpinan Roh Kudus, yang sampai sekarang dapat dibaca di dalam Perjanjian Baru. Inilah hidup yang benar- benar memberi pengaruh dan harapan bagi banyak orang. Bagaimana dengan kehidupan saudara dan saya?

Inspirasi : Tuhan menguduskan pengaruh setiap orang yang dipanggil-Nya untuk membawa harapan bagi mereka yang terikat oleh dosa. Prospek orang merdeka selalu baik, jika dia taat pada rencana Tuhan. (Boy Borang)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response