Renungan

PROYEK ORANG MERDEKA

64views

Bacaan : Kisah Para Rasul 9:15- 18

“Tetapi firman Tuhan kepadanya, Pergilah sebab orang ini adalah alat pilihan bagi- Ku untuk memberitakan nama- Ku kepada bangsa- bangsa lain serta raja- raja dan orang- orang Israel.” (Kisah Para Rasul 9:15)

Dalam Bahasa Indonesia, kata “proyek” selalu dianggap bicara duit bukan? Tetapi dalam bahasa Inggris, ada kata yang kedengaran sama, yaitu do it. Yang pertama bicara apa yang saya peroleh , yang kedua, bicara apa yang saya lakukan. Bukan saja melakukan tetapi malah harus berkorban memberi. Melayani bukan dilayani.

Tuhan mengubah dan memanggil Paulus sebagai alat pilihan- Nya, bukan untuk memberinya kekayaan tetapi justru memberinya tanggung jawab besar yang sebenarnya beresiko tinggi,. Ia diberi tugas, “Beritakan Injil” kepada semua orang, baik Israel sendiri maupun para pemimpin kekaisaran Romawi. Intinya, itulah proyek sorgawi yang harus dikerjakannya. Ada ancaman?

Kita pernah mendengar ada yang berkata, “Di dunia ini ada sebuah proyek yang jauh lebih besar dari semua mega proyek yang jauh lebih besar dari mega proyek manapun digabung menjadi satu. Sebuah proyek yang langsung dibawah kendali Tuhan Yesus sendiri. Ia memerintahkan orang percaya pergi, mencari yang terhilang itu.

Satu jiwa saja sudah tidak terhingga nilainya, apalagi milyaran manusia. Satu jiwa saja percaya dan bertobat segenap malaikat di sorga bersorak bersukacita (Lukas 15:7). Itulah amanat Agung, yang jauh melebihi segala amanat pemimpin dunia sepanjang sejarah.

Siapa yang menyangka, Tuhan bekerja begitu ajaib melalui hamba pilihan-Nya, yang tadinya si penganiaya, menjadi pemberita kebenaran Kristus. Semangat kerja dan komitmen Paulus yang sangat luar biasa telah menyebabkan begitu banyak orang mengikuti jejaknya (kasih, pengabdian dan penyerahan dirinya) bagi Tuhan. Kini Paulus sudah tiada, tetapi semangat dan pekerjaan misionernya tetap bersuara. Bagaimana dengan kita? Apakah saudara dan saya tetap menjadi bagian dari proyek Agung ini?

Inspirasi: Menjadi bagian dari suatu pekerjaan yang bernilai kekal, memerdekakan orang lain, membuat hidup yang sementara ini menjadi efektif dan signifikan dan tanpa penyesalan. Proyek orang merdeka adalah melakukan Amanat Agung Kristus di bumi. (BB)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response