Renungan

TUHAN, KESELAMATAN KITA

303views

TUHAN, KESELAMATAN KITA

Bacaan: Hakim-hakim 6:1-24

“Lalu Gideon mendirikan mezbah di sana bagi TUHAN dan menamainya: TUHAN itu keselamatan…..” (Hakim-hakim 6:24)

Kita sering membaca kisah, bagaimana Allah memanggil Gideon untuk membebaskan umat-Nya, Israel.

Orang Midian mengintimidasi wilayah Yahudi secara rutin, mengambil hasil panen, memusnahkan hasil tanah juga segala hewan milik Israel, dan menakuti bangsa Israel sehingga mereka bersembunyi di gua-gua, membuat tempat perlindungan di pegunungan. Begitu putus asanya, dan kelabunya masa depan Israel karena Midian yang menghabisi semua milik Israel, sehingga Israel menjadi sangat melarat.       (ayat 3-6)

Kemudian malaikat Tuhan mendatangi Gideon dan  berkata,”Tuhan menyertai engkau, hai pahlawan yang gagah berani.” Walaupun kenyataannya mungkin tidak demikian, karena Gideon, seorang prajurit, mengirik gandum di tempat pemerasan anggur, agar tidak terdeteksi oleh musuh.Tetapi kemudian Allah melanjutkan,”Pergilah dengan kekuatanmu ini dan selamatkanlah orang Israel dari cengkeraman orang Midian. Bukankah Aku mengutus engkau!” (ayat 14)

Ketika kemudian Gideon menyadari bahwa ia bertemu muka dengan muka dengan malaikat Tuhan dan tetap hidup, ia merendahkan diri dan menerima panggilan Allah. Ia juga membangun mezbah dan menamainya “Tuhan itu keselamatan.”

Mengapa Gideon menyebut “Allah itu keselamatan.” Apakah karena Allah telah menyelamatkannya walaupun ia berhadapan muka dengan-Nya? Atau apakah karena Gideon sadar bahwa Allah akan memberikan kekuatan kepadanya untuk dapat mengalahkan orang Midian dan menang? Tetapi jika kita membaca Hakim-hakim pasal 7, kita melihat bahwa Gideon tidak berperang sendiri karena Allah bekerja secara ajaib melalui 300 tentara yang mengalahkan orang Midian.

Inspirasi: Allah ingin menunjukkan kepada kita bahwa kehadiran-Nyalah yang membawa keselamatan walaupun ada kesulitan di sekitar kita. Allah dapat menggunakan berbagai cara untuk menolong dan menyelamatkan kita. (R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response