Renungan

ALLAH BERDAULAT

85views

Bacaan : Daniel 1 : 1-5

Tuhan menyerahkan Yoyakim, Raja Yehuda, dan sebagian dari perkakas-perkakas di rumah Allah ke dalam tangannya. Semuanya itu dibawanya ke tanah Sinear, ke dalam rumah dewanya; perkakas-perkakas itu dibawanya ke dalam perbendaharaan dewanya.” ( Daniel 1:2 )

 

       Beberapa waktu yang lalu bom meledak di hotel J.W.Marriot, menewaskan dan melukai banyak orang. Bom di Bali dan teror-teror bom yang lain di malam Natal serta banyak tempat lainnya di Indonesia bahkan di berbagai belahan dunia lainnya. Narkoba yang merajalela dan mengancam anak-anak usia sekolah, kejahatan, pembunuhan, bencana alam dsb. Tragedi secara nasional dan internasional membuat dunia seperti sebuah tempat yang sangat menakutkan. Dan kadang-kadang dapat membuat kita berpikir bahwa Allah tidak ada. Manusia berteriak ‘di manakah Allah?’

       Pada jaman Raja Yoyakim, Daniel dan teman-temannya mungkin mengalami kekecewaan yang sama. Mereka di bawa ke Babel setelah Yehuda dikalahkan Nebukadnezar. Daniel berada di lingkungan orang yang tidak mengenal Allah, dan dapat dipastikan bahwa apa yang diajarkan pada Daniel dan teman-temannya seringkali bertentangan dengan hukum dan prinsip kebenaran Allah. Daniel tahu, dibalik situasi yang dihadapinya, Allah berdaulat, dan sedang mengerjakan rencana-Nya bagi pribadi-pribadi dan bangsa.

       Dalam ayat 2 dikatakan, Nebukadnezar  membawa perkakas bait Allah ke rumah dewanya. Kita merasa kecewa, sedih ketika gereja menderita: dibakar, mengalami perpecahan, ditutup secara paksa dsb. Kita tidak tahu mengapa Tuhan mengijinkan hal-hal itu dialami gereja-Nya, Tetapi seperti orang yang menyaksikan kehancuran bait Allah, kita percaya bahwa Allah memegang kontrol dan Ia memperhatikan mereka yang percaya kepada-Nya.

       Aplikasi: Pujilah Tuhan karena Ia berdaulat atas semua yang terjadi di dunia pada masa lalu, sekarang dan akan datang. Ia memegang kontrol.

 Inspirasi: Situasi apa yang membuat saudara merasa kecewa/putus asa? Bersediakah saudara  mempercayakan hal-hal tersebut kepada Allah yang berkuasa, berdaulat, memegang kontrol atas segala sesuatu dan mengasihi saudara? (R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response