Renungan

ANAK TERANG – 3

450views

ANAK TERANG (3)

Yohanes 3:19-21

“…Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan daripada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak..” (Yohanes 3 : 19-20)

Sebagai manusia yang memiliki kebebasan, kita dapat memilih hidup dalam terang atau hidup dalam kegelapan.  Kita memilihnya sendiri. Yohanes 3: 19-21,  berkata “Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan daripada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak; Tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah.”

Kegelapan bukan saja personifikasi suatu pribadi dan kuasa (Iblis). ‘Kegelapan’, menurut Alkitab adalah apa yang dipilih manusia agar mereka dapat melakukan apa saja yang mereka kehendaki tanpa diketahui orang lain. Alkitab mengatakan bahwa ketika kita menjadi orang Kristen, posisi kita adalah ‘keluar dari gelap ke dalam terang’.

Tetapi Allah yang Maha Kasih menciptakan manusia dengan hak untuk memilih. Ketika Adam dan Hawa ada di Taman Eden, Tuhan sudah memerintahkan untuk tidak makan buah Pengetahuan yang Baik dan Jahat, tetapi Hawa memilih untuk melakukan hal yang sebaliknya. Dan itulah yang kita lakukan.  Kegelapan juga suatu ‘tempat.’ Seorang yang menjalani kehidupannya dalam kegelapan, yang mempraktekkan pekerjaan kegelapan, melakukan perbuatan-perbuatan kegelapan, orang itu sedang menuju satu tempat. Dan Alkitab menggambarkan hal itu dalam Matius pasal 8, ayat 12.”Sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap, di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi.”

Inspirasi: Pilihan untuk memilih ‘terang’ atau ‘gelap’ ada selama kita hidup di dunia. Karena itu mari kita memberitakan kepada orang lain bahwa Yesus Kristus adalah Terang Dunia, sehingga mereka mengenal terang itu.(R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response