Multiplikasi
Multiplikasi.Com

ANAK TERANG – 4

0

ANAK TERANG (4) 

Efesus 5:11-13

“Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan yang tidak berbuahkan apa-apa, tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.” (Efesus 5 : 11) 

Ketika Kristus datang dan menerangi hidup kita, Ia mulai menghalau kegelapan.  Kita adalah ciptaan baru, kita adalah anak-anak terang; kita memiliki arah yang baru; kita berjalan dalam terang; kita memiliki keinginan yang baru: menemukan apa kehendak Allah; hidup kita berubah: tidak suka bergaul dengan perbuatan kegelapan’.   “Karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran”(Efesus 5:9)

Satu hal yang lain, kita memiliki tugas yang baru. Dalam pasal 11 dikatakan, “Tetapi sebaliknya telanjangilah perbuatan-perbuatan itu.” Mengungkapkan apa? Perbuatan kegelapan yang tidak membuahkan apa-apa.“Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan. Tetapi segala sesuatu yang sudah ditelanjangi oleh terang itu menjadi nampak, sebab semua yang nampak adalah terang.” (ay.12-13).

Satu ketika, dalam sebuah pertemuan dengan teman-teman lama  yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda, saya merasa kurang nyaman karena percakapan yang awalnya baik, berubah menjadi vulgar. Saya pun menunjukkan sikap tidak senang. Saya tidak bermaksud membuat orang tidak nyaman, tetapi jika saya ada di dalam Kristus, orang yang berjalan dalam kegelapan tidak akan suka. Alkitab katakan mereka tidak tahan dengan terang.

Tugas anak-anak terang adalah menelanjangi perbuatan kegelapan, bukan menutupi.   Ketika terang Kritus ada di dalam kita, hidup kita pasti berubah. Dan kita menjadi agen perubahan. Bagaimana orang lain tahu perbedaan gelap dan terang jika mereka tidak melihatnya di dalam kita?

Inspirasi: Penyesalan melibatkan pikiran, kesedihan melibatkan perasaan, tetapi pertobatan mencakup perubahan pikiran, kebencian terhadap dosa dan kesediaan untuk membereskan keadaan –Warren Wiersbe. (R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link