Renungan

BAGAIMANA BISA SEMANGAT ?

99views

Bacaan : Mazmur 143 : 1 – 12

Jawablah aku dengan segera, ya TUHAN, sudah habis semangatku! Jangan sembunyikan wajah-Mu terhadap aku, sehingga aku seperti mereka yang turun ke liang kubur. (Mazmur 143 : 7)

Dari mazmur yang ditulisnya ini menunjukkan, Daud sendiri mungkin merasakan ada saat-saatnya semangat dapat menjadi pudar. la pernah diremehkan oleh saudara-saudaranya ketika ia mau menantang Goliat. Demikian Juga raja Saul sangat meragukannya. Tetapi Daud tidak begltu mudah tawar hati (lih. 1 Samuel 17:28-33).

Dalam kenyataan, ada banyak orang yang tetap bersemangat tatkala menghadapi keadaan-keadaan kritis. Kuasa kebangkitan Kristus begitu nyata dalam hidup mereka. Tetapi banyak juga yang kecut dan tawar hati, tidak bisa menerima tantangan hidup. Bagaimana bisa tetap tegar dan tidak goyah?

Melalui mazmur ini Tuhan mengajar kita beberapa prinsip.

1. Minta pertolongan Tuhan . la adalah sumber kekuatan dan semangat hidup yang sempurna. Kesungguhan seorang yang minta tolong terlihat pada ‘ kata-kata seperti, “dengarkanlah doaku, “jawablah aku!”, seperti bernada mendesak. Memang Allah menghargai orang yang dengan sungguh-sungguh mau mengandalkan Dia.

2. Mencari wajah Tuhan. Dari kata- kata, “Jangan sembunyikan wajah-Mu terhadap aku…” seolah-olah mau mengatakan bahwa Allah kadang- kadang tidak mau memperhatikan. lni merupakan suatu sikap penuntutan yang luar biasa. Sebaliknya, banyak orang yang malah membelakangi Tuhan, tidak mau melihat wajah-Nya, karena merasa tidak perlu. Akhirnya yang selalu dilihat adalah wajah dunia atau setan yang menakutkan. Hidup ini terasa seperti orang mati, tidak ada gairah.

3. Berserah kepada Tuhan . Orang yang berserah bukan berarti menyerah. Penyerahannya kepada Tuhan pasif tetapi bersifat aktif. la percaya kepada Tuhan dan melakukan yang baik..(cf. Mazmur 37:3, 5). Kepada jemaat Roma Paulus menulis, “Janganlah berpikir kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan (Roma 12:1 1 ).

Inspirasi : hidup secara dinamis di dalam kuasa Roh Kudus, Dialah sumber semangat dan kekuatan kita. Bersama-Nya, tidak ada yang dapat membuat kita tawar hati. (BB)

Jika saudara melihat dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response