Multiplikasi
Multiplikasi.Com

BANGSA YANG BERUBAH

0

Bacaan : 1 Tawarikh 16 : 7 – 36

“Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa!” ( 1 Tawarikh 16 : 8 )

            Dalam ayat mas diatas ada 3 pesan yang signifikan, dimana masing- masing merupakan prinsip dasar dalam suatu kehidupan orang percaya. Bersyukurlah berarti suatu ungkapan rasa terimakasih  yang diarahkan kepada Tuhan. Panggillah nama-Nya, berbicara soal persyaratan(kualifikasi) dalam hubungan dengan doa dan Perkenalkanlah berkaitan dengan kesaksian dan pengajaran tentang siapakah Allah kepada dunia. Hal ini sangat menentukan perubahan sikap hidup suatu bangsa. Berkali-kali bangsa Israel gagal dalam hal ini, karena rajanya sendiri tidak benar di hadapan Tuhan.

            Mengapa banyak orang tidak tahu bahkan tidak mau bersyukur kepada Tuhan? Pertama, karena ia tidak mengerti maknanya. Kedua, karena hubungannya dengan Tuhan tidak jelas. Orang duniawi merasa bahwa segala sesuati dapat dinikmati karena usaha dan kekuatannya sendiri. Karakter suatu bangsa yang tidak tahu bersyukur kepada Tuhan, merupakan salah satu sikap yang merusak bangsa itu sendiri. Contohnya, cobalah hitung berapa banyak orang yang menyalahgunakan uang, yang akhirnya merugikan Negara.

Andaikan mereka tahu bersyukur, hal ini tidak perlu terjadi. Berapa banyak orang yang tidak menghargai pengorbanan para pejuang kemerdekaan, sehingga mereka berbalik mengacaukan bangsanya sendiri? Maka dapatlah dipahami, mengapa banyak orang tidak mau memanggil nama Tuhan. Sebab bila mereka memanggil nama Tuhan, bukankah itu berarti mengandalkan pertolongan-Nya? Inilah sikap yang diingatkan Yeremia (band. Yeremia 17:5).

Apalagi bila mereka harus memperkenalkan nama Tuhan, makin tidak mungkin. Sebenarnya, begitu banyak orang mau tahu kebenaran, tetapi sayang tidak ada yang memperkenalkan-Nya (band. Roma 10:14). Mengapa? Sebab mungkin orang Kristen tidak mengerti dan belum mengalami apa yang mau diperkenalkannya.

            Kalau begitu sekarang bagaimana? Kapankah kita menyaksikan bangsa kita menjadi bangsa yang berubah? Mulai dari diri kita yang mau bersyukur dan memperkenalkan perbuatanNya.

            Inspirasi : Mulailah dari diri kita untuk belajar bersyukur, memanggil serta memuliakan nama-Nya dan memperkenalkan Tuhan Yesus Kristus kepada orang lain. Sehingga akan nampak perubahan yang terjadi, baik secara pribadi, keluarga dan bangsa. ( Boy Borang)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link