Renungan

BANGSA YANG MAJU

79views

Bacaan : Amsal 13:1-14

“Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.” (Amsal 13 : 4)

Seorang mantan Presiden AS, yang mengatakan: “Jangan bertanya apa yang negara mau buat bagi anda, tetapi bertanyalah apa yang dapat anda buat bagi negara”. Dalam kenyataan banyak orang gagal bukan karena bodoh atau miskin tetapi karena yang satu ini, malas.

Pengamatan Salomo memang luar biasa. Tentu saja ia berpijak pada pengalamannya sendiri. Sebagai seorang yang terkenal pandai dan bijak, pasti ia pernah bertarung dengan musuh besar, si malas ini. Roh Kudus, sumber segala hikmat dan kepandaiann mengilhaminya untuk menuliskannya, sehingga perkataan yang sangat penting ini telah menjadi berkat dari abad keabad.

Memang benar, keinginan tanpa kerajinan adalah mimpi. Suatu bangsa yang mau maju,, langsung berpacu dengan waktu untuk menggunakan kesempatan yang ada semaksimal mungkin. Sebagai bangsa kita mengakui bahwa kita masih perlu banyak belajar dari mereka yang telah lebih maju. Belum ada kata “terlambat” bagi kita yang memiliki tekad dan komitmen untuk maju.

Jangan Malas

Sumber daya alam terbatas, tetapi sumber daya manusia akan terus dapat dikembangkan. Mengapa? Karena dalam diri manysia ada pikiran/ akal yang diberikan Tuhan, yang dapat menemukan dan mengembangkan sesuatu. Sayang, oleh karena dosa kemalasan banyak orang membuang kesempatan emasnya untuk maju. Rasul Paulus ketika menulis surat kepada jemaat di Tesalonika mengingatkan soal kemalasan yang dapat menjadi batu sandungan bagi mereka yang belum percaya (2 Tesalonika 3). Orang yang malas, akan menjadi bodoh dan miskin (Amsal 6:6-11)

Banyak orangtua sekarang sedang berpacu agar anak- anaknya berprestasi dan tidak malas. Seorang ibu sampai khusus mengerahkan waktunya untuk sang anak siang dan malam. Anaknya tidak boleh malas, meskipun sebenarnya melelahkan bagi sang anak, semuanya itu demi untuk kemajuan anaknya. Kemalasan, adalah salah satu sikap mental yang dapat menghambat pembangunan suatu bangsa.

Inspirasi : Marilah berdoa dan menjadi bagian signifikan dari bangsa ini agar lebih maju. Mulailah sekarang dari diri kita sendiri. Terus berkarya, jangan malas, banyak hal dapat kita lakukan untuk kemajuan bangsa ini. ( Boy Borang )

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response