Renungan

BANGSA YANG MEMBERKATI

117views

Bacaan : Kejadian 12:1-9

“Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.” (Kejadian 12 : 2 )

Menjadi bangsa yang diberkati tentu saja harus memberkati. Bangsa yang kehilangan berkat tanpa sadar, menjadi bangsa yang miskin, tidak selalu dari sisi materi atau ekonomi tetapi dalam berbagai aspek lainnya. Pandangan Allah yang jauh ke depan bahkan bersifat kekal, telah dinyatakan dalam rencana-Nya melalui hamba-Nya Abraham.

Dalam sebuah tulisan dikatakan: “Panggilah Abraham sebagaimana tercatat dalam kejadian 12 mengawali babak baru dalam pernyataan PL mengenai maksud Allah untuk menembus dan menyelamatkan umat manusia. Allah bermaksud memiliki seseorang yang mengenal dan melayani-Nya dengan iman yang tulus. Dari orang ini akan tampil keluarga  yang mengenal, mengajarkan dan memelihara jalan- jalan Tuhan. Dari keluarga ini akan muncul sebuah bangsa pilihan yang akan hidup terpisah dari ketidaksalehan bangsa-bangsa lain serta melaksanakan kehendak Allah.

Dari bangsa ini akan datang Yesus Kristus, Juruselamat dunia, keturunan wanita yang dijanjikan (Kejadian 3:15; Galatia 3:8,16,18). “Terpujilah Tuhan, bahwa Ia telah menyatakan rahasia terbesar yaitu berkat keselamatan kekal di dalam Kristus, bagi bangsa- bangsa yang mau terbuka dan percaya.

Indonesia

Indonesia sebagai suatu bangsa, tentu saja termasuk dalam rencana penyelamatan Allah. Oleh anugerah Tuhan, bangsa ini telah berkesempatan mendengar Injil, sehingga bangsa ini juga diharapkan menjadi berkat bagi bangsa lain. Amerika Serikat meskipun akhir- akhir ini disoroti sedang berada pada kemerosotan moral, namun sebenarnya dari bangsa ini ada ratusan ribu misionari telah menjadi berkat bagi dunia. Juga Korea Selatan, Filipina dan beberapa Negara lainnya.

Mungkinkah bangsa kita menjadi berkat? Tentu saja tidak ada yang mustahil. Asalkan, sebagaimana ditegaskan dalam 2 Tawarikh 7:14, “…dan umat-Ku yang atas nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku lalu berbalik dari jalan- jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka”. Bila demikian, maka percayalah bahwa bangsa ini akan menjadi berkat bagi bangsa lainnya.

Inspirasi : Mulai dari diri kita, mari merendahkan diri dan mencari wajah-Nya, berbalik dan melakukan yang menyenangkan hati Tuhan. Pasti kita juga akan menjadi berkat, ( Boy Borang )

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response