Multiplikasi
Multiplikasi.Com

BANGSA YANG MERDEKA

0

Bacaan : 2 Korintus 3:1-18

“Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.” ( 2 Korintus 3 : 17 )

Sebuah negara merdeka berarti bebas dari penjajahan bangsa asing. Indonesia pernah dijajah oleh Inggris, Belanda dan Jepang. Berbagai cara perlawanan yang dilakukan agar bebas dari kungkungan penjajah. Tanggal 17 Agustus 1945, bangsa ini menyatakan keerdekaannya, dan siap berdiri sebagai salah satu bangsa yang berdaulat di mata Internasional.

Bendera merah putih pun mulai berkibar, tanda bahwa ini adalah Negara Merdeka. Para komponis dengan begitu kayanya dapat menciptakaan lagu- lagu kebangsaan yang bersifat nasional dan patriotik. Rakyatnya begitu semangat dan bertekad membangun dan mengisi kemerdekaan dengan sebaik- baiknya. Di dalam salah satu lagu nasional ada syair yang berbunyi, sekali merdeka tetap merdeka! Menunjukan bahwa bangsa ini tidak mau lagi dijajah untuk selamanya.

Merdeka

Waktu terus berjalan tak terasa Indonesia sudah merdeka 74 tahun. Namun, dalam kenyataan bangsa kita masih harus terus berjuang melawan bentuk penjajahan lain, yaitu kejahatan moral atau dosa yang dapat menghancurkan bangsa. Dari tahun ke tahun tak habis- habisnya masalah kriminal yang menyedot perhatian pemerintah dan masyarakat. Berbagai usaha dilakukan untuk membina manusia Indonesia agar bebas dari kemerosotan moral. Tidak sedikit anggaran belanja negara yang dikeluarkan untuk keperluan ini. Tetapi mengapa kemerosotan dan kejahatan malah semakin besar?

Berbagai upaya hukum sudah dikerahkan, namun masih saja bahkan tambah rumit. Alkitab dengan jelas sudah menulis, bahwa hati manusia tidak mungkin bebas dari dosa, tanpa pembaharuan oleh Allah sendiri yang menciptakannya. Sebab dimana ada Roh Allah, disitu ada kemerdekaan yaitu kemerdekaan secara rohani dan moral. Di dalam diri manusia yang telah jatuh dalam dosa, ada kekuatan daging yang mengikatnya, sehingga sulit mengalahkan godaan untuk berbuat jahat (lih. Galatia 5:17).

Selama seseorang belum mengalami pembaharuan oleh Roh Kudus, selama itu pulalah ia akan mudah terpengaruh dan terperosok ke dalam berbagai masalah. Harus mengalami pembaharuan, agar banyak orang boleh sungguh- sungguh merdeka dalam arti seutuhnya.

Inspirasi : Berdoalah dan mohon Roh Kudus menolong saudara untuk melayani banyak orang agar mereka bebas dari ikatan dosa dan kedagingan. (Boy Borang)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link