Multiplikasi
Multiplikasi.Com

BEDA FOKUS

0

Bacaan I Samuel 17 : 34 – 40

Pula kata Daud: “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.” Kata Saul kepada Daud: “Pergilah! TUHAN menyertai engkau.”
( I Samuel 17 : 37)

Dalam peristiwa Tuhan Yesus berjalan diatas air ( Matius 14), Para murid takjub melihat kekuasaan Yesus. Petrus memberanikan diri untuk mendekat dengan mohon kepada Yesus untuk turun dari perahu. Awalnya dia dapat dengan mantap berjalan diatas air, namun fokusnya berpindah pada gelombang dan angin di sekelilingnya, Alkitab mencatat Petrus kemudian tenggelam.

Dalam bacaan kita hari ini, kita melihat bahwa seluruh pasukan Israel dilanda ketakutan yang sangat besar. Bayangkan selama 40 hari, 2 kali sehari pagi dan sore mereka mendengar tantangan dan cemoohan Goliath. Goliath tidak hanya menantang mereka, namun juga mencela dan menghina Allah. Hal itulah yang kemudian didengar oleh Daud ketika berada di sekitar kakak-kakaknya di medan pertempuran.  Keberanian Daud sangat diragukan oleh raja Saul. Fokus Saul adalah pada masalah yang sedang dihadapi.

Masalah pertama, reputasi Goliat sangat hebat.
Masalah kedua, Daud masih muda dan tak punya pengalaman bertempur. Dua hal ini membuat Saul langsung berkata, Tidak mungkin!

Namun mari kita lihat ada Fokus Daud !! Dia lebih memilih melihat pada “kebaikan dan pertolongan Tuhan.” Ia memilih untuk fokus kepada mengingat bagaimana Tuhan melepaskan dirinya dari “singa dan beruang”!.

Agaknya, lewat ucapan Daud ini, Tuhan sedang menyentil Saul. Tidakkah Saul ingat bagaimana Tuhan menolong Israel selama ini? Tidakkah Saul ingat bagaimana Israel dibawa keluar dari Mesir, melewati laut yang terbelah, mengalahkan Kanaan yang penduduknya seperti raksasa?  Bagaimana mungkin satu Goliat saja sudah membuat Saul berkata Tidak mungkin? Melalui Daud, Tuhan menunjukkan bahwa Goliat yang ditakuti itu bisa dikalahkan dengan sebutir batu saja!

Saat masalah datang, bukankah kita kadang bersikap seperti Saul? Kita khawatir dan takut bahkan mudah berkata: …. Tidak mungkin!

Inspirasi : Hari ini, biarlah kita ubah pikiran ketakutan itu, kita ubah fokus kita dari melihat masalah-masalah sekeliling kita menjadi  fokus melihat bagaimana Tuhan telah menolong kita selama ini. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link