Renungan

BERBALIK KEPADA TUHAN

251views
  • BERBALIK KEPADA TUHAN

Bacaan Ratapan 5:1-22

“Bawalah kami kembali kepada-Mu, ya TUHAN, maka kami akan kembali, baharuilah hari-hari kami seperti dahulu kala! Atau, apa Engkau sudah membuang kami sama sekali? Sangat murkakah Engkau terhadap kami?”  ( Ratapan 5 : 21)

        Ini adalah doa bangsa Yehuda yang meminta agar Tuhan menuntun mereka kembali kepada-Nya serta memulihkan mereka. Doa ini muncul setelah mereka mengalami penderitaan dan kesulitan yang besar. Mungkin mereka mengingat firman Tuhan kepada nenek moyang mereka Salomo, “Dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka. serta memulihkan negeri mereka”                          (2 Tawarikh 7:14).

Ada yang menarik dalam ayat ini tentang hal kembali kepada Tuhan. Kalau dibandingkan dengan perumpamaan tentang anak yang hilang dalam Lukas 15, anak itu mengambil keputusan sendiri untuk kembali kepada bapanya setelah ia menderita. Dalam situasi Yehuda, mereka tidak mengambil keputusan untuk berbalik kepada Tuhan tetapi mereka berdoa agar Tuhan yang membawa mereka kembali kepada-Nya. Memang sebagai tawanan mereka tidak membebaskan diri mereka sendiri kecuali hanya berdoa meminta Tuhan yang membawa mereka kembali.

Anda mungkin berada dalam situasi seperti anak yang terhilang. Jika ya, ambillah keputusan untuk bertobat dan kembali kepada Tuhan. Anda mungkin juga seperti kaum Yehuda yang tidak berdaya untuk kembali kepada Tuhan. Anda tertawan oleh berbagai persoalan yang anda ciptakan sendiri dan mungkin juga kehilangan kekuatan untuk keluar dari dosa yang menyebabkan anda terperosok begitu dalam seperti seekor kuda yang tercebur ke rawa dan membutuhkan bantuan untuk mengeluarkannya. Jika demikian berdoalah agar Tuhan membawa anda kembali kepada-Nya dan memperbaharui anda.

Inspirasi: Tuhan akan menyelesaikan sebanyak persoalan yang anda serahkan kepada-Nya. (FS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response