Renungan

BERGANTUNG KEPADA ALLAH

247views

Bacaan: Ezra 8: 15-36

“…Tangan Allah kami melindungi semua orang yang mencari Dia demi keselamtan mereka…” (Ezra 8: 22b)

Pada masa kini, bepergian menjadi sangat mudah. Kita dapat memilih alat transportasi sesuai kemampuan dan kalaupun  kita tidak mau repot, kita dapat membeli barang kebutuhan sesampai di tempat tujuan. Yang perlu kita bawa mungkin hanya uang atau kartu kredit. Tidak perlu repot-repot.

Tetapi jika kita membaca Ezra 8, maka kita memahami bagaimana bangsa Israel yang dipimpin Ezra keluar dari Babel. Dalam perjalanan yang memakan waktu 4 bulan  berjalan kaki dengan 2000 kepala keluarga ditambah keluarga masing-masing bukanlah hal yang mudah.

Apalagi ada perempuan, anak-anak dan binatang-binatang. Belum lagi mereka harus membawa 650 talenta emas dan perak (1 talenta beratnya 34 kg) yang merupakan barang-barang persembahan raja dan pembesar serta orang Israel yang masih tinggal untuk Allah yang harus dibawa ke Yerusalem (Ezra 8 : 25-26).

Membawa barang-barang berharga dalam jumlah banyak, dengan atau tanpa pengawalan tentara bukanlah hal mudah, karena dapat dirampok dalam perjalanan, bisa saja anak-anak/perempuan jatuh sakit. Mereka berjalan tanpa ada panitia khusus yang mempersiapkannya. Bahkan Ezra tidak mau meminta tentara untuk mengawal Israel karena ia dengan iman telah menyampaikan kepada raja bahwa tangan Allah yang akan melindungi mereka.

Apa yang dilakukan Ezra sebelum melakukan perjalanan yang berat tersebut? Ia dan bangsa Israel melakukan persiapan rohani – berdoa dan berpuasa. Ini menunjukkan ketergantungan total kepada Allah. Mereka mengimani bahwa Allah memegang kendali atas semua dan mengakui bahwa mereka tidak mampu melakukan perjalanan itu tanpa Allah.

Perjalanan kita mungkin tidak sesulit dan berbahaya seperti perjalanan yang dilakukan bangsa Israel. Tetapi kita tetap membutuhkan Allah dalam perjalanan hidup kita. Kadang-kadang kita menganggap pertolongan dan perlindungan Allah sudah semestinya kita alami (take it for granted) dan lupa mengucap syukur.

Inspirasi : Apakah ada hal-hal besar yang sedang Saudara persiapkan untuk Saudara lakukan? Mari mempersiapkan diri secara rohani – berdoa dan berpuasa. Sebagaimana Allah merespons permohonan Ezra, Ia akan menghargai orang-orang yang sungguh bergantung pada-Nya.(R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response