Renungan

KESEMPATAN EMAS

78views

Bacaan Epesus 5 : 15 – 17

….. dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. (Epesus 5 : 16)

Ada sebuah kata bijak yang berbunyi “ Kesempatan emas tidak akan terulang” atau “Kesempatan emas hanya sekali”. Dalam pengalaman sehari-hari kita melihat bahwa banyak sekali kesempatan emas yang diberikan kepada manusia, sayangnya hanya sedikit yang menggunakannya secara maksimal.

Itulah sebabnya banyak penyesalan yang kemudian di ungkapkan karena tidak menggunakan kesempatan emas itu. Bileam yang diminta taat kepada Tuhan tetapi terus melawan sampai keledainya yang dipakai Tuhan untuk mengingatkan dia ( Bilangan 22 : 28), kesempatan untuk taat kepada Tuhan tetapi terus dilawan karena upah yang sangat menggiurkan dari raja Balak.

Pemuda kaya di dalam kitab (Markus 10) yang tidak mau menggunakan kesempatan emas untuk mengikut Kristus karena lebih mementingkan hartanya.

Tahun 1998 dalam penyisihan piala dunia sepakbola, Australia sebenarnya punya kesempatan untuk mengikuti ajang empat  tahunan ini di Perancis, tetapi karena tidak dapat menggunakan kesempatan emas akhirnya harus meninggalkan mimpinya itu. Dalam babak penyisihan sebenarnya Australia sudah di posisi pertama, tetapi untuk dapat berangkat ke Perancis tim ini harus berhadapan dengan salah satu juara grup dari Asia.

Dan saat itu yang menjadi lawan terakhir adalah tim Iran. Babak terakhir dimainkan di Melbourne Australia setelah mereka bermain imbang di Teheran. Babak pertama tim Australia sudah menang satu gol. Ketika memasuki babak kedua kelihatan bahwa tim Australia yang akan berangkat ke Perancis.

Tetapi ketika babak kedua tinggal  menyisakan empat menit, tim Iran dapat menyamakan kedudukan menjadi satu sama. Dua menit berselang  seluruh penonton tuan rumah dibuat bungkam oleh tim tamu, karena tim Iran dapat memasukkan satu gol lagi sehingga mereka menang satu gol. Dan tidak sampai satu menit bermain  peluit panjang tanda permainan berakhir terdengar.

Seluruh pemain dan penonton Australia menangis karena kesempatan emas yang mereka miliki tidak dapat digunakan secara maksimal. Sebaliknya bagi tim Iran mereka dapat menggunakan kesempatan emas secara maksimal.

Motivasi : dalam hidup ini jangan sampai kita menyesal seumur hidup karena ada kesempatan emas yang tidak kita gunakan secara maksimal (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response