Renungan

SEMUA KARENA ANUGERAHNYA

137views

Bacaan: Ezra 7 : 1-28

Ezra ini berangkat pulang dari Babel. Ia adalah seorang ahli kitab, mahir dalam Taurat Musa yang diberikan TUHAN, Allah Israel. Dan raja memberi dia segala yang diingininya, oleh karena tangan TUHAN, Allahnya, melindungi dia. (Ezra 7 : 6)

Sesuai dengan nubuat Yeremia, setelah 70 tahun pembuangan di Babel, Babel dikalahkan oleh Persia. Bangsa Israel mulai kembali ke tanah air mereka. Pemulangan bangsa Israel dibagi dalam 3 tahap. Rombongan pertama dipimpin oleh Zerubabel, rombongan kedua dipimpin oleh Ezra, dan yang ketiga dipimpin oleh Nehemia.

Raja Artahsasta, seorang raja yang tidak mengenal Allah membuat surat kuasa agar dipakai oleh Ezra sehingga memuluskan perjalanannya. Rombongan kedua, kurang lebih 80 tahun akhirnya berangkat setelah rombongan pertama. Bersama 2000 laki-laki dan keluarga mereka, mereka harus berjalan sejauh 900 mil, melalui daerah yang sulit dan berbahaya selama 4 bulan (Ezra 7:8,9).

Ini tugas yang yang sulit yang harus diemban Ezra sebagai ‘ketua panitia’.  Ada banyak implikasi yang harus dipikirkan dan dicari jalan keluarnya. Dan jika kita membaca pasal-pasal berikutnya, Ezra sukses melakukan tugasnya. Jika kita simak, Ezra tidak menyombongkan kesuksesan yang dialaminya.

Pasal 7:6 – “….Dan raja memberi dia segala yang yang diinginkannya, oleh karena tangan TUHAN, Allahnya, melindungi dia.”

Pasal 7:9 – “…oleh karena tangan murah Allahnya itu melindungi dia.”

Pasal 7:27, 28 – “..yang menggerakkan hati raja…Dan membuat aku disenangi oleh raja…karena tangan TUHAN, Allahku melindungi aku…”

Apakah Saudara berhasil melakukan tugas tertentu yang dipercayakan kepada Saudara? Apakah Saudara seorang yang sukses secara materi dan rohani? Ezra dapat saja berpikir bahwa karena kebesarannya, karismanya, kemampuannya. Tetapi Ezra mengakui bahwa Tuhanlah yang menggerakkan hati raja (ay.27 – band. Ams 21:1).

Inspirasi : jika kita berhasil saat ini, jangan terjebak dan berpikir bahwa semua karena usaha, kemampuan, dan kerja keras kita. Semua karena Allah. Semua hanya karena anugerah semata. (R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response