Renungan

DOA PALSU

95views

DOA PALSU

Bacaan Matius 23 : 14

Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab kamu menelan rumah janda-janda sedang kamu mengelabui mata orang dengan doa yang panjang-panjang. Sebab itu kamu pasti akan menerima hukuman yang lebih berat.  ( Matius 23 : 14)

Dalam tulisannya, Matius secara jelas mengutip perkataan Tuhan Yesus yang diarahkan pada orang-orang Farisi dan para ahli Taurat, dalam perikop “ Yesus mengecam ahli ahli Taurat dan orang orang Farisi.” (Matius 23 : 1 – 36).  Ada beberapa ayat yang dimulai dengan kata “Celakalah”…… Hari ini kita akan belajar dari ayat 14.

Kecenderungan para tokoh agama ketika memiliki kuasa, adalah seperti yang dilakukan oleh orang orang Farisi dan para ahli Taurat. Mereka menggunakan kekuasaannya untuk melakukan apa saja yang akan menguntungkan mereka. Termasuk dengan doa-doa yang mereka panjatkan.

Banyak tokoh tokoh di Alkitab sejak jaman perjanjian lama melakukan hal yang sama. Anak anak Imam Eli – Hofni dan Pinehas juga melakukan praktek seperti ini, mereka melayani di Bait Allah, namun melakukan praktek praktek kecurangan, mencuri milik Allah, menipu jemaat yang datang membawa persembahan, sehingga akhirnya dihukum Tuhan.

Anak anak Samuel kemudian juga melakukan hal yang sama. Yoel dan Abia juga melakukan praktek praktek seperti Hofni dan Pinehas.. Sebagai anak anak Allah yang diberi kuasa untuk dapat berkomunikasi dengan-Nya secara pribadi, marilah kita menggunakan kehormatan itu untuk sungguh-sungguh menikmati hadirat Tuhan ketika bersekutu dengan-Nya baik secara pribadi, maupun berkelompok. Tuhan rindu kita menggunakan sarana Doa untuk bersekutu dengan-Nya dan menikmati kehadiran-Nya. setiap hari, ada banyak hal yang ingin Allah komunikasikan dengan kita anak-anakNya, namun seringkali DIA tidak menemukan anak-anakNya seperti yang diharapkan.

Inspirasi : Karena Tuhan telah memberikan kita kuasa untuk menjadi anak-anakNya, pergunakanlah kuasa itu sesuai dengan maksud Tuhan. tolonglah mereka yang membutuhkan doa doa kita, sehingga mereka juga ditolong bahkan diselamatkan di dalam Tuhan Yesus. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response