Renungan

GEMBALA, BAPA DAN RAJA

88views

Bacaan: Lukas 12: 22-34

“Janganlah takut,  hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberkan kamu kerajaan itu” (Lukas 12 : 32)

Tanpa terasa tahun ini telah kita masuki sekian lama.
Tahun ini masih penuh rahasia, tetapi jika kita merenungkan kembali kasih setia dan anugerah Tuhan dalam hidup kita pada tahun sebelumnya kita dapat memasuki tahun ini dengan pasti dan penuh pengharapan.

Jika kita membaca perikop hari ini, Tuhan Yesus mengingatkan kita kembali untuk tidak kuatir, Bagaimana supaya kita tidak kuatir? Padahal Pakar ekonomi, Badan Meteorologi dan Geofisika, dan orang-orang pandai di bidang masing-masing mempredikisi hal-hal yang tidak lebih baik dari tahun sebelumnya. Hanya iman kepada Allah yang dapat membuat kita bebas dari rasa kuatir dan cemas.

Ayat mas hari ini berkata,”Janganlah takut hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu kerajaan itu.” Ketika berbicara tentang ‘jangan takut’- Alkitab seringkali menghubungkannya dengan pribadi Allah sendiri.

Darlene Sala, dalam bukunya ‘Encouraging Words for Women’ dengan indah membahas ayat ini. Dalam ayat ini Allah menggunakan tidak hanya 1 metafora tetapi 3 metafora.

“…Kawanan kecil..” – Allah mau mengatakan bahwa Ia adalah Gembala yang menuntun dombanya ke padang yang berumput hijau, dan Ia melindungi dombanya dengan tongkat dan gada jika ada binatang buas.

Allah juga adalah “Bapa” yang mengasihi dan tahu apa yang terbaik bagi anak-anaknya.

Ia adalah “Raja” yang berdaulat, berkuasa dan memahami serta peduli dengan semua yang kita alami. Ia juga tahu bagaimana menyelesaikannya.

Inspirasi : Kita tidak tahu apa yang terjadi dengan diri kita, keluarga – orang-orang yang kita kasihi, usaha dan pekerjaan kita, dan lain sebagainya. Tetapi yang kita tahu bahwa Allah adalah Gembala, Bapa, dan Raja yang mengasihi kita lebih dari siapapun dan apapun. (R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response