Multiplikasi
Multiplikasi.Com

GEREJA KESUKAAN ALLAH

0

Bacaan : Yeremia 9:23-24

 “tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN.” (Yeremia 9:24)

 

Tidak  dapat dipungkiri bahwa manusia dari hari ke hari bahkan tahun ke tahun semakin  berpusat dan mementingkan  diri sendiri. Ada cerita dalam Alkitab  kisah tentang Raja Nebukadnezar yang sombong. dalam Daniel 4:28-33 diceritakan tentang Nebukadnezar, raja Babel, karena kesombongannya ia di hukum Allah.

Ia dihalau dari antara manusia dan makan rumput seperti hewan. Dalam ayat 23 sangat jelas Tuhan melarang kita untuk berbangga diri atas apa yang kita miliki. Jika kita hidup dalam kebanggaan tersebut kita menjadi orang yang tidak disukai Tuhan.

Orang percaya adalah gereja-Nya Tuhan. Pengertian gereja berdasarkan 1 Petrus 2:9 menjelaskan bahwa gereja adalah orang-orang pilihan, kudus, kepunyaan Allah, dan dipanggil Allah keluar dari kegelapan kepada terang Tuhan. Gereja adalah milik Tuhan. Karena itu seharusnya gereja terus berusaha menjadi gereja yang disukai Allah.

Didalam Yeremia 9:23-24, ada 3 rahasia bagaimana menjadi gereja yang disukai oleh Allah, yakni :

Pertama, gereja harus mengandalkan sumber berkat bukan berkat. Ada banyak cerita dan fakta yang menyatakan bahwa berkat bukanlah sumber jaminan hidup kita. (Raja Salomo; orang paling bijaksana dan terkaya dari semua orang yang pernah hidup didunia ini diakhir hidupnya menyatakan bahwa semuanya adalah kesia-siaan. Presiden Amerika adalah orang yang mendapat jaminan keamanan nomor satu didunia, tetapi banyak dari mereka yang tertembak seperti JF Kenendy, Ronald Reagen, Abraham Linclon.

Kita sebagai gereja Tuhan harus mengandalkan Tuhan yang telah memanggil kita.  Dalam mazmur 20:8-9 dijelaskan ada orang yang mengandalkan kereta perang dan kudanya dan mereka tersandung dan jatuh, tetapi yang mengandalkan Tuhan, maka Tuhan akan membuatnya bangkit dan terus berdiri kokoh. Dalam hidup ini ada banyak masalah, dan masalah itu bermacam-macam. Andalkan Tuhan, Ia akan membuat kita tetap bangkit dan berdiri kokoh.

Kedua, gereja harus semakin mengenal Tuhan dari hari ke hari.
Pdt. Rick Warren berkata “jika hari ini kita mengenal Tuhan lebih baik dari hari kemarin, maka kita dapat dikategorikan orang yang berhasil menjalankan hidup ini.” Tetapi sebaliknya jika kita dari hari ke hari semakin tidak mengenal Tuhan maka kita adalah orang yang gagal dalam kehidupan ini.

Di katakan oleh firman Tuhan dalam ayat 24 orang yang mengenal dan memahami Tuhan dengan baik. Baik itu kasih Tuhan, kesetiaan Tuhan, kebenaran Tuhan dan keadilan Tuhan maka ia disukai oleh Tuhan. Cara bagaimana kita dapat mengenal Tuhan ialah dengan kita membangun hubungan yang intim dengan-Nya melalui doa-doa kita, membaca dan mempelajari Firman-Nya.

Ketiga, gereja harus memahami dan mentaati Firman Tuhan.
Ada perbedaan antara mengetahui, mengenal, dan memahami. Saya tahu dan kenal istri saya lebih banyak, tetapi belum tentu saya memahami istri dengan melakukan apa yang disukainya, apa yang tidak disukainya. Demikan pula Tuhan, kita tidak cukup hanya tahu dan mengenal Tuhan, kita harus memahami apa yang menjadi rencana dan tujuan Tuhan bagi kita.

Inspirasi : Gereja yang benar dan sejati adalah gereja yang mau taat akan panggilan Tuhan dalam hidupnya. Untuk menjadi gereja yang disukai Allah maka  tiga hal di atas harus kita  diperhatikan. (Iyan Satar).

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link