Renungan

HIDUP OLEH ROH

83views

HIDUP OLEH ROH

Bacaan : Galatia 5: 16, 17

“Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.  Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging … .”      (Galatia 5 :  16 – 17)

Saudara dapat melakukan segalanya dengan benar dan masih belum dapat mengalahkan dosa. Saudara dapat membaca Alkitab setiap hari. Saudara dapat berdoa. Saudara dapat memiliki sekelompok teman yang ada di sekitar saudara yang terus berbicara kebenaran dengan kasih untuk saudara secara teratur. Dan saudara masih bisa terjebak dalam  kebiasaan melakukan dosa.

Jadi, saudara tidak dapat bergantung pada diri- sendiri dan berusaha mengalahkan dosa. Saudara membutuhkan kuasa Roh Kudus. Roh Kudus memungkinkan orang percaya untuk melakukan apa yang mereka tidak dapat lakukan dan memenuhi keinginan Allah bagi hidup kita. Galatia 5:16 mengatakan, Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.” 

Saudara dapat memiliki semua peralatan yang tepat untuk mengalahkan dosa kebiasaan dalam hidup saudara, tetapi tidak peduli dengan Roh Kudus. Bayangkan saudara sedang berjalan di pantai dan melihat burung camar yang mati satu menit sebelumnya. Jika saudara mengambilnya, itu tidak akan jauh berbeda dengan burung camar lain yang masih hidup. Tubuhnya masih hangat. Ia memiliki otot, tulang, bulu, dan sayap yang sama. Tetapi jika saudara melemparkannya ke langit, burung itu akan jatuh langsung kembali ke tanah.

Mengapa? Burung camar memiliki kehidupan yang tersisa: memiliki bulu, sayap, atau tulang, tetapi burung tersebut tidak dapat terbang, padahal ia masih memiliki semua, tetapi ia mati.

Saudara dapat memiliki semua peralatan yang tepat untuk hidup sukses, tetapi tanpa dukungan Roh Kudus, hidup saudara tidak dapat ‘hidup’. Ini seperti melempar burung mati ke udara.

Saudara tidak dapat menjalani kehidupan yang berkemenangan dengan kekuatan  sendiri.  Niat terbaik  dan janji saudara terlalu mudah berubah, dan tidak memungkinkan bagi saudara untuk menjalani kehidupan Kristen.

Inspirasi: Roh Kudus yang ada dalam hidup kita akan memampukan kita menjalani kehidupan kristen yang berkemenangan hari demi hari. Sudahkah anda dipimpin dan dikuasai oleh Roh Kudus hari ini? (RW/R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response