Renungan

REKAN YANG MENDUKUNG

75views

REKAN YANG MENDUKUNG

Bacaan : Yakobus 5:16

  “Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” (Yakobus 5 : 16)

 

Biasanya orang tidak pergi berperang seorang diri. Itu adalah misi bunuh diri. Dibutuhkan orang lain untuk maju bertempur bersama.

Hal yang sama berlaku dalam peperangan rohani yang kita semua hadapi. Saudara tidak dapat berperang melawan pikiran yang penuh nafsu dan kotor, ketidakjujuran, kecanduan, dan ketakutan, seorang diri. Saudara akan gagal.

Jika saudara ingin diampuni, akui dosa dan kehancuran saudara kepada Allah. Jika saudara ingin berubah, akui kepada orang lain.

Mengungkapkan kegagalan/dosa saudara adalah awal dari penyembuhan. Saudara tidak harus mengakui dosa kepada semua orang. Tapi saudara perlu mengakui itu kepada seseorang. Saudara membutuhkan paling tidak satu orang yang mengasihi saudara tanpa syarat, menerima sepenuhnya, dan berdoa terus untuk saudara. Saudara membutuhkan seseorang dari gender yang sama, agar saudara dapat terbuka dan jujur.

Seringkali dosa merupakan suatu siklus. Saudara mulai dengan rendah hati meminta Tuhan untuk menolong, maka Ia akan memberikan kekuatan kepada saudara untuk melakukannya. Setelah sekitar enam bulan berhasil, saudara mulai merasa sombong. Kemudian, saudara jatuh. Dengan rendah hati lagi, saudara minta pertolongan Tuhan. Jika saudara bisa tinggal dalam semangat kerendahan hati, itu baik. Tapi kesombongan selalu kembali. Begitu juga dengan kelemahan saudara yang lain.

Saudara tidak dapat menghilangkan siklus tersebut tanpa teman-teman yang berdoa, memberikan perhatian, mendorong dan, membuat saudara tetap berada di jalur. Ketika keberhasilan datang, mereka akan membantu saudara menjaga perspektif  sehingga kerendahan hati Anda tetap terjaga.

Itu sebabnya kelompok kecil sangat penting. Tempat di mana saudara dapat terbuka dan jujur. Saudara dapat menghadiri banyak gereja selama bertahun-tahun dan tidak pernah mengenal dan dikenal oleh orang lain.

Inspirasi: Berpikir bahwa saudara dapat menghentikan kebiasaan buruk tanpa jujur tentang hal itu kepada orang lain, dipastikan akan membuat saudara gagal. (RW/R)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response