Renungan

JANGAN JATUH LAGI

150views

JANGAN JATUH LAGI

(Bacaan 2 Korintus 5 : 17)

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. (2 Korintus 5 : 17)

Dalam kehidupan ini, seringkali kebiasaan lama berusaha mengganggu kita untuk kembali jatuh ke dalam dosa. Sehingga sering kita mendengar mereka yang sudah hidup baik-baik, jatuh kembali ke dalam kegelapan.

Sebuah ilustrasi yang baik adalah tentang kehidupan seekor gajah. Gajah dewasa dewasa dengan berat hampir 3 ton merupakan salah satu hewan terkuat di dunia. Ototnya yang kuat mampu memindahkan beban yang rasanya tidak akan mampu diangkat manusia. Namun, betapa lemahnya gajah tersebut selepas menunaikan tugasnya. Sang pemilik dengan mudah mengikat kakinya dengan seutas tambang yang hanya ditancapkan pada sebuah patok kecil. Si gajah perkasa itu seperti kehilangan kekuatannya.

Ia hanya pasrah dengan ikatan-ikatan yang semestinya dengan mudah dapat dilepaskan. Mengapa ia tidak mampu melepaskan diri dari ikatan itu?  Jawabannya karena  sedari kecil, gajah cilik ini telah dikondisikan untuk ‘tunduk’ dengan kekuatan seutas tambang. Keberanian untuk membebaskan diri pada masa kecilnya dikekang oleh tambang tersebut.  Berkali-kali ia mencoba melepaskan diri namun tubuhnya yang kecil belum memiliki kekuatan sepadan dengan tambang itu. Ia akhirnya terkondisi untuk ‘tunduk’ pada tambang tersebut.  Ketika beranjak dewasa  sang gajah selalu berpikir bahwa masa lalu sama dengan masa kini sehingga tambang itu tidak dapat dilawan.

Sebagai orang percaya hidup kita dalam kasih karunia Kristus. Kita memang memiliki masa lampau yang kelam, ketika masih terbelenggu oleh rantai dosa.
Tetapi sejak dibebaskan oleh kasih  Kristus, kita menjadi orang yang merdeka. Alkitab berkata kita adalah ciptaan baru. Dosa bukan lagi kegemaran kita.  Iblis, dunia dan kedagingan  sering kali menarik kita untuk kembali jatuh ke dalam dosa. Namun kasih karunia Kristus lebih besar dari semuanya itu. Karena itu kita harus berani melawan dan mengalahkan kebiasaan-kebiasaan lama kita, bukan seperti gajah dewasa yang hanya pasrah pada belenggu lamanya.

Inspirasi : Karena kita telah ditebus dan lunas dibayar, lawanlah keinginan untuk kembali jatuh ke dalam dosa dengan semakin bergantung pada-Nya, karena kita telah menjadi ciptaan baru. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response