Renungan

MERESPON TEGURAN

129views

MERESPON TEGURAN

Bacaan II Samuel 12 : 1 – 10

“ Mengapa engkau menghina TUHAN dengan melakukan apa yang jahat di mata-Nya? Uria, orang Het itu, kaubiarkan ditewaskan dengan pedang; isterinya kauambil menjadi isterimu, dan dia sendiri telah kaubiarkan dibunuh oleh pedang bani Amon. ( II Samuel 12 : 9)

Dalam kehidupan ini, bukanlah hal yang menyenangkan apabila ada orang lain mulai mengkritik atau menegur cara hidup dan cara pandang kita terhadap suatu hal. Kritikan dan teguran seringkali mendorong kita untuk bersikap antipati, tanpa memikirkan maksud yang sebenarnya. tak jarang pula hal itu dapat membuat kita marah atau emosi pada orang tersebut.  Padahal tidak semua yang kita lakukan benar dan tidak semua kritikan bertujuan menjatuhkan kita. Kadangkala kritikan dan teguran merupakan bukti perhatian yang diberikan seseorang kepada kita.  Melalui bacaan dalam renungan hari ini ada dua hal yang dapat kita pelajari  yaitu :

1. “Nabi Natan” adalah seorang nabi yang memakai hikmat dalam menyampaikan teguran kepada “raja Daud” sehingga Daud pun menyadari kesalahannya. Dengan lemah lembut ia menunjukkan kesalahan Daud tanpa menjatuhkan wibawa Daud sebagai seorang raja.

2. Respons Daud saat teguran tersebut disampaikan, ia tidak marah kepada Natan, sebaliknya dengan rendah hati mau menyadari kesalahannya dan langsung memohon pengampunan dari Tuhan. Sikap Daud yang terbuka membantunya segera menemukan solusi.

Apabila hari ini kita menerima teguran atau kritikan dari orang lain, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah sabar dan tenang.  Jangan langsung mengambil sikap antipati karena belum tentu teguran itu bertujuan untuk menjatuhkan kita, dan ingatlah selalu bahwa ada kemungkinan teguran tersebut dapat mendatangkan kebaikan bagi kita. Karena itu cobalah dengan berbesar hati menerimanya tanpa harus berdebat atau menyangkalnya.
Mungkin kita yang harus memperbaiki diri. Jika ini yang terjadi, bukankah kita harus bersyukur?

Inspirasi : Orang yang rendah hati adalah orang yang mau menerima teguran orang lain dengan besar hati. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response