Renungan

KEJUJURAN DAN KETULUSAN (2)

243views

KEJUJURAN DAN KETULUSAN (2)

Bacaan 1 Korintus 13

“ Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.” ( 1 Korintus 13 : 4-5)

Jika kita benar-benar mau mengadopsi bentuk kasih seperti yang diinginkan Tuhan, maka di dalamnya terkandung kebaikan-kebaikan yang mencakup kedua hal ini, yaitu Kejujuran dan Ketulusan. Di dalam kasih itu ada bentuk-bentuk hidup dengan hati yang murni, penuh ketulusan dan kejujuran. Artinya jika kita mengaku hidup dalam kasih Tuhan, seharusnya kedua hal ini pun terpancar dari kehidupan kita. Bagaimana mungkin orang yang tidak jujur dan tidak tulus masih berani mengaku punya kasih dalam dirinya?.

Rudi begitu bersemangat menolong Adi yang tertipu dalam sebuah transaksi keuangan, semua itu awalnya dilakukan dengan maksud baik, namun berubah ketika melihat bahwa aset yang dimiliki Adi sangat menjanjikan. Walaupun mereka berteman sejak pemuda di gereja yang sama, namun kerjasama itu rusak berantakan. Karena Rudi ingin menguasai semua aset milik Adi.

Ketahuilah bahwa meski mungkin kita berhasil mengelabui manusia, tapi Tuhan akan selalu melihat segala perbuatan kita. Dan Firman Tuhan berkata: “Dan tidak ada suatu makhluk pun yang tersembunyi di hadapan-Nya, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Dia, yang kepada-Nya kita harus memberikan pertanggungan jawab.” (Ibrani 4:13). Ingatlah bahwa Tuhan melihat sampai jauh ke dalam hati kita.

Inspirasi : Yakobus mengingatkan “Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.” (Yakobus 3:16). Karena itu jaga hati agar tetap jujur dan tulus dihadapan Tuhan. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response