Renungan

KEPEKAAN ROHANI

327views

Bacaan : Kisah Para Rasul 16 : 6 – 12

Dari situ kami ke Filipi, kota pertama di bagian Makedonia ini, suatu kota perantauan orang Roma.

Di kota itu kami tinggal beberapa hari.  (Kisah Para Rasul 16 : 12)

Kalau kita membaca perikop ini dan ayat-ayat sesudahnya, maka kita akan melihat dan belajar. Bagaimana Rasul Paulus memiliki kepekaan rohani yang terus diasah untuk semakin peka pada pimpinan dan kehendak Tuhan.

Suatu hari seorang pengusaha merasa sangat berbeban untuk membeli sejumlah besar Alkitab dan mengirimkan ke Siberia, daerah utara Rusia. Dia mencari-cari dan akhirnya menemukan sebuah percetakan alkitab di Rusia dan memesan sejumlah besar Alkitab yang akan dikirim. Setelah bernegosiasi, lalu dia membeli sebuah container dan mengisinya penuh dengan Alkitab dan mengirimkan container yang berisi Alkitab ini ke Siberia dengan kapal.

Dia tidak memperhitungkan berapa yang harus di bayar, yang dia tahu barang itu harus segera dikirim. Dia hanya mengirimkan fax kepada saudara-saudara di Siberia, yang mengatakan bahwa dia baru saja mengirimkan sebuah container yang di dalamnya berisi Alkitab.

Lama sesudah itu baru dia dapat bertemu dengan beberapa saudara dari Siberia. Mereka menceritakan bahwa, ada sejumlah orang Kristen baru di Siberia yang sudah menjadi anggota dari sebuah gereja lokal disana dan meraka sama sekali tidak memiliki Alkitab. Lalu suatu hari mereka bersama-sama berdoa agar Tuhan menolong mereka. Beberapa hari setelah mereka berdoa, mereka menerima Fax dari pengusaha tadi.

Pengusaha itu juga kemudian berkata, bahwa dia tidak kenal dengan orang-orang itu, tetapi kerinduan dan beban yang dalam itulah yang menuntunnya untuk segera mengirimkan Alkitab itu ke sana. Rasul Paulus juga melihat bahwa kebutuhan pelayanan di Makedonia sangat mendesak, kalau kemudia dia memutuskan untuk pergi kesana adalah karena kepekaannya pada pimpinan Tuhan.

Motivasi : Mari kita berdoa agar Tuhan menolong kita semakin peka pada kehendak-Nya. Serta terus belajar mengasah kemampuan kita untuk semakin bergantung kepada-Nya. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response