Renungan

KUALITAS KEHIDUPAN KITA

72views

Bacaan : Yohanes 15 : 1 – 8

“Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.” (Yohanes 15 : 2)

Kalau kita memiliki kesempatan untuk pergi ke Israel dan mengunjungi kebun anggur, maka kita akan melihat bagaimana cara para petani di sana memelihara, merawat dan meningkatkan kualitas buah anggur, sehingga buah-buah itu memiliki kualitas ekspor.

Suatu hari seorang teman mendapat kesempatan bersama rombongan untuk melihat sebuah kebun anggur. Dia melihat  dimana-mana di dalam kebun itu tergeletak buah anggur di atas tanah, dan jumlahnya sangat banyak. Jika dikumpulkan mungkin dapat berton-ton beratnya, sementara itu ia  juga melihat di atas pohon masih ada buah yang bergantungan.

Teman ini mulai berpikir bahwa, bodoh sekali petani anggur itu dengan membuang dan mengerat begitu banyak buah dan rantingnya tentunya petani itu akan rugi. Pada akhir kunjungan  mulailah petani itu menjelaskan kepada rombongan ini   mengapa dia melakukan hal tersebut. Lembaga semacam koperasi yang membeli buah anggur  untuk diperas dan dijadikan minuman, memiliki standar yang sangat tinggi.

Mereka hanya menerima anggur dengan kualitas terbaik.  Pengeratan dan membuang sebagian buah itu kami lakukan untuk mengendalikan kualitas buah anggur dari kebun ini, ada banyak saingan kebun lain yang juga menghasilkan buah anggur dengan kualitas baik. Karena itu kami harus mencapai standar yang ditetapkan oleh penerima, bahkan jika mungkin melebihinya.

Tuhan juga rindu melihat kita terus bertumbuh secara rohani, sehingga semakin hari kualitas kehidupan rohani kita semakin baik. Tentunya dengan mengerat dan membersihkan segala dosa dan kebiasaan buruk kita.

Inspirasi : Mari kita mengucap syukur kepada Tuhan, karena dia adalah “Petani Agung” yang selalu mengerat dan membersihkan kotoran dan dosa dari hidup kita, sehingga kita dapat memiliki kualitas kehidupan yang semakin baik, untuk dapat semakin dipakai-Nya. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response