Renungan

KERJASAMA

158views

Bacaan : Lukas 5 : 7

“lalu mereka memberi isyarat kepada teman-temannya di perahu yang lain supaya mereka datang membantunya. Dan mereka itu datang, lalu mereka bersama-sama mengisi kedua perahu itu dengan ikan hingga hampir tenggelam.” (Lukas 5:7).

Ini adalah mujizat yang dilakukan Tuhan di hadapan calon-calon murid-Nya. Setelah semalaman Petrus dan teman-teman menjala ikan dan tidak mendapatkan ikan, kini karena taat kepada perintah Yesus mereka mendapatkan ikan berlimpah. Dalam kesempatan ini, Yesus tidak hanya menunjukkan kuasa-Nya tetapi juga mengajar mereka.

Pelajaran yang Ia berikan ialah kerjasama. Kemudian dalam waktu tiga tahun Yesus terus menumbuhkan kerjasama ini melalui berbagai kegiatan pelayanan bersama. Kegagalan yang sering terjadi dalam bidang pekerjaan apapun karena tidak ada kerjasama yang baik di antara pekerjanya. Kadang kala kesuksesan juga menyebabkan orang tidak memperhatikan tim kerjanya lagi. Melalui bagian firman Tuhan yang kita renungkan hari ini, kita diajak melihat bagaimana Petrus mempraktekkan kerjasama yang baik.

Ketika Tuhan Yesus meminta dia untuk bertolak ke tempat yang dalam dan menyebarkan jalanya, Petrus mau melakukan hal itu. Walaupun dia merasa lebih berpengalaman dari Yesus yang hanya seorang tukang kayu, apalagi sudah semalaman bekerja tanpa hasil. ketaatannya kepada Yesus membuahkan sebuah mujisat. Dan hasilnya diluar dugaan, Ikan yang ditangkap banyak sekali.

Bisanya dalam situasi seperti ini orang akan lupa temannya, merasa berhasil karena sukses mencapai apa yang diingkannya. Namun tidak demikian dengan Petrus. Dia justru memanggil teman-temannya di perahu yang lain, sehingga bersama-sama mengisi perahunya sampai penuh dengan ikan.

Inspirasi: Dalam kehidupan, sering kita mengalami pergumulan dan sukses silih berganti, ingatlah sebagai mahluk sosial, kita membutuhkan orang lain dalam kehidupan ini. Susah senang menjadi pengalaman yang menyenangkan jika dinikmati bersama. (W).

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response