Multiplikasi
Multiplikasi.Com

MENJADI TELADAN

0

Bacaan : 1 Korintus 4 : 16

“Sebab itu aku menasihatkan kamu: turutilah teladanku!”

(I Korintus 4:16.)

Melalui berbagai sumber, Paulus telah menerima laporan mengenai masalah yang timbul dalam gereja di Korintus; masalah perselisihan, dosa perzinahan, ketertiban beribadah, dan lain sebagainya. Dosa kesombongan pribadi dan penonjolan diri dan kelompok merebak.

Mereka ada yang mengatakan “aku pengikut Apolos”. Aku pengikut Paulus”. Sebagai pendiri jemaat Korintus, Paulus merasa berkewajiban untuk menasihati dan menjawab masalah. Pada ayat 16, Paulus mengatakan kepada jemaat di Korintus untuk mengikuti teladannya.

Teladan seorang hamba Tuhan yang sangat rendah hati dan rela berkorban untuk orang lain. Sebenarnya, walaupun jemaat Korintus akhirnya mempunyai banyak guru-guru, mereka seharusnya ‘melihat’ Paulus sebagai orang yang pertama kali berjerih lelah dan berkorban ‘menjangkau’ mereka dengan Injil. Teguran Paulus sangat berwibawa sebab Ia telah hidup dan melayani tidak hanya dengan pengajaran, tetapi juga teladan.

Banyak pemimpin rohani mengetahui semua hal yang baik untuk diajarkan, tetapi tindakan dan perkataan mereka tidak merefleksikan apa yang mereka ketahui. Paulus dapat membuat pernyataan ini karena ia membiarkan Yesus dan kuasa kebangkitan-Nya ‘bekerja’ dalam hidupnya.

Yesus Kristus adalah panutan Paulus. Sebagai anak-anak Tuhan, kita tahu bahwa kita tidak pernah dapat hidup seperti Kristus, Teladan Agung kita. Kita bisa saja menyerah atau kecewa. Tetapi puji Tuhan, dalam Galatia 2:20 Paulus menulis “…tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku…” Kristus  bukan hanya teladan, tetapi lebih dari itu. Ia menyediakan kuasa-Nya bagi kita untuk dapat menjadi serupa dengan Dia.

Inspirasi: Dalam tugas dan tanggung jawab kita setiap hari, Apakah kita telah menjadi teladan bagi orang lain?. tidak cukup hanya berkata-kata dan mengarahkan orang lain, jadilah teladan seperti Paulus. (R).

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link