Renungan

MENJAGA LIDAH

68views

Bacaan : Yakobus 3 : 5

“Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan        perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar.” (Yakobus 3:5)

Yakobus mengingatkan bangsa Yahudi yang berada di perantauan, tentang pentingnya menjaga lidah. Walaupun kecil tetapi lidah merupakan anggota yang sangat menentukan dalam tubuh kita. Oleh sebab itu jika kita salah menggunakannya dapat membahayakan seluruh tubuh.

Lidah dapat dipakai untuk memuji dan memuliakan Tuhan melalui nyanyian yang kita nyanyikan, atau dapat digunakan juga untuk menceritakan kebesaran Tuhan yang telah terjadi dalam hidup kita. Tetapi yang sering terjadi justru sebaliknya, lidah dapat digunakan untuk mengutuk, mencaci maki, untuk menceritakan kejelekkan dan keburukan orang lain. Perbuatan ini menjalar seperti penyakit menular yang sangat berbahaya. Bukan hanya wanita, namun pria juga dapat tertular. baik usia muda maupun tua semua dapat mengalami penyakit ini.

Pada tahun 1520, sebuah kapal Spanyol berhenti di Mexico. Semua prajurit yang berada di atas kapal tertular sebuah penyakit menular yang pada saat itu tidak diketahui obatnya. Setiap orang yang bersentuhan dengan tubuh para prajurit ini, terjangkit sebuah penyakit menular yang sangat berbahaya pada saat itu. Prajurit ini ternyata menderita penyakit cacar. sebuah penyakit mematikan yang belum diketahui saat itu.

Lidah yang digunakan untuk hal yang tidak benar dapat mengakibatkan kerugian besar, Persekutuan yang harmonis, persaudaraan, suasana kerja yang baik, dapat rusak. Karena itu marilah kita belajar untuk  menggunakan lidah kita dengan lebih baik.

Inspirasi : Lidah yang digunakan untuk mengatakan hal-hal yang baik dan memuliakan Tuhan bermanfaat untuk membangun. Namun jika dipakai untuk hal-hal yang mendukakan hati Tuhan, akan merusak semua yang baik. (W)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response