Multiplikasi
Multiplikasi.Com

KUASA ROH KUDUS

0

Bacaan : Kisah Para Rasul 13:1-12

Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.”
(Kisah Rasul 13 : 2).

Dalam melakukan pelayanan, setiap orang percaya harus benar-benar bergantung mutlak pada Roh Kudus. Roh yang memiliki otoritas untuk memakai orang tersebut sehingga orang-orang yang dilayani akhirnya digerakkan datang kepada-Nya dan menyerahkan hidup mereka untuk diubahkan oleh Tuhan. Paulus dan Barnabas adalah para pelayan yang dikhususkan oleh Roh Kudus untuk tugas yang telah ditentukan-Nya yaitu untuk memberitakan Injil di berbagai tempat di wilayah Asia Kecil sampai ke Yunani dan bahkan Paulus sampai ke Roma.

Kalau kita kembali melihat ke belakang tentang kehidupan Paulus, secara manusiawi adalah sangat tidak mungkin dia dapat dipakai oleh Tuhan secara luar biasa. Mantan penganiaya, pembenci orang-orang Kristen, menyeret mereka ke penjara dan bahkan menyetujui pembunuhan Stefanus (Kisah 8:1). Pun setelah dia mengalami pertobatan, Ananias yang diminta oleh Tuhan untuk menemui Saulus (namanya pada waktu itu), masih takut untuk bertemu dengannya (Kisah 9:13,14). Ananias seakan-akan tidak percaya bahwa Saulus juga dapat dipakai oleh Tuhan.

Namun manusia tidak dapat membatasi kuasa Roh Kudus yang berdaulat memakai siapapun yang Dia kehendaki. Sejelek apapun manusia itu, sejahat apapun, sebobrok apapun dia, jika Tuhan berkenan memakai orang itu, Dia berkuasa. Dia berdaulat mengubah hidup orang tersebut untuk bertobat dan dijadikan baru, serta melalui orang tersebut banyak orang yang akan dibawa kepada Kristus.

Buktinya dari pembacaan kita hari ini, Roh Kudus memakai Paulus dan Barnabas untuk memberitakan firman Allah di rumah-rumah ibadat orang Yahudi di pulau Siprus, bahkan sampai ke tempatnya pembesar di pulau tersebut yaitu gubernur Sergius Paulus. Dengan kuasa Roh Kudus pula, Paulus menghardik tukang sihir yang menghalangi mereka memberitakan Injil sehingga tukang sihir tersebut menjadi buta.  Sehingga pada akhirnya gubernur itu percaya dan takjub oleh ajaran Tuhan.

Melalui semua peristiwa ini, mari kita memohon kepada Tuhan agar Dia juga memakai  menjadi saksi-Nya di mana saja kita berada. Sehingga ada banyak orang percaya kepada Yesus Kristus akan diselamatkan. Kita juga berdoa agar mereka yang selama ini membenci dan menghalangi pemberitaan Injil juga dijamah hati-Nya oleh Roh Kudus yang tidak terbatas itu sehingga percaya kepada Kristus.

Inspirasi : Jika Tuhan dapat merubah Saulus yang tadinya melawan Tuhan menjadi Paulus pemberita Injil yang handal, Dia juga dapat memakai kita, yang mau menyerahkan hidup kepada-Nya. (Denny Kawenas)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published.

BERLANGGANAN
GRATIS
Masukkan email kamu untuk mendapatkan pemberitahuan ketika ada berita atau renungan terbaru!
BERLANGGANAN
close-link