Renungan

KUDUSKAN DIRI

560views

KUDUSKAN DIRI

Bacaan : Yosua 3:5

Berkatalah Yosua kepada bangsa itu: _*”Kuduskanlah*_ dirimu, sebab besok TUHAN akan melakukan perbuatan yang ajaib di antara kamu.” (Yosua 3 : 5 )

Waktu masih berada di kampung sekitar tahun 1970-an, ibu dan nenek saya selalu memperhatikan piring dan gelas yang diletakan di meja makan kami oleh kakak perempuan saya, sebelum kami makan bersama. Kalau piring/gelas itu kurang bersih biasanya ibu/nenek minta kakak saya untuk mencuci kembali  atau menggantinya  dengan piring/gelas yang lain. Karena ayah saya tidak mau makan bila  piring/gelas yang  ia gunakan kotor,  apalagi kalau itu piring/gelas milik ayah saya. Ayah saya ingin agar barang-barang yang ia pakai bersih.

Sebelum memasuki tanah perjanjian, bangsa Israel diminta untuk menyucikan diri. Hal ini sering kali dilakukan, dan dalam hubungan dengan ayat mas hari ini, penyucian dilakukan sebelum bangsa Israel melihat ‘perbuatan-perbuatan‘ Allah yang dahsyat. Jika kita membaca kitab Imamat, ada banyak hal yang dapat membuat seseorang ‘najis’: makan makanan tertentu (11), melahirkan (Im.12), penyakit (Im. 13, 14), dsb.

 Allah menggunakan berbagai ‘tanda kenajisan’ dari luar, untuk menunjukkan bahwa kenajisan manusia sebenarnya berasal dari dalam dan berakar dari dosa.

Seperti bangsa Israel, Allah ingin agar kita hidup kudus, hidup bersih, tidak bercela, karena DIA mau memakai kita untuk kemuliaan-Nya di dunia ini.

Itulah sebabnya Yosua mengatakan “Kuduskanlah, dirimu, sebab besok Tuhan akan melakukan perbuatan ajaib di antara kamu.” Matius 5:8 mengatakan: “Berbahagialah orang ynag suci hatinya karena mereka akan melihat Allah.”

Inspirasi: Marilah kita senantiasa  dipimpin dan dikuasai Roh Kudus, agar hidup dalam kekudusan bagi kemuliaan nama-Nya.(WW)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response