Renungan

MATA TUHAN MELIHAT

523views

 Bacaan : Mazmur 33 : 10-15

“Berbahagialah bangsa, yang Allahnya ialah TUHAN, suku bangsa yang dipilih-Nya menjadi milik-Nya sendiri! TUHAN memandang dari sorga, Ia melihat semua anak manusia; dari tempat kediaman-Nya Ia menilik semua penduduk bumi.” (Mazmur 33 : 12-14)

Melalui bacaan hari ini kita diminta untuk memberikan kemuliaan kepada Allah, atas pemeliharaan-Nya setiap hari terhadap semua anak manusia. Meskipun sudah mengaruniakan kepada manusia pengertian dan kehendak bebas, Dia menyimpan bagi diri-Nya sendiri pemerintahan atas diri manusia itu, dan bahkan atas indra-indra mereka yang dengannya mereka diperlengkapi untuk mengatur diri sendiri. Semua anak manusia berada di bawah pengawasan-Nya, bahkan hati mereka sekalipun.  Dan segala gerak-gerik jiwa mereka, yang hanya diketahui oleh mereka sendiri, diketahui-Nya dengan lebih baik daripada mereka sendiri (ayat 13 – 14).

Meskipun tempat kediaman kemuliaan Allah ada di langit yang tertinggi, namun dari sana Dia bukan hanya memandang seluruh bumi, tetapi juga bisa menilik secara khusus semua penduduk bumi. Ia tidak hanya melihat mereka, tetapi juga memandang mereka. Ia memandang mereka dengan seksama (begitulah arti yang kadang-kadang diberikan untuk kata yang digunakan di sini). Begitu seksama sampai pikiran sekecil apa pun tidak bisa luput dari pengamatan-Nya. Orang-orang yang tidak percaya kepada Tuhan berpikir bahwa, karena Allah berdiam di sorga di atas, Dia tidak dapat, atau tidak akan, memperhatikan apa yang dilakukan di dunia di bawah ini. Namun dari sana, meskipun begitu tinggi, Dia melihat kita semua, dan semua orang serta segala sesuatu telanjang dan terbuka di hadapan-Nya.

Rencana Tuhan di atas segala rancangan manusia, bangsa-bangsa & suku-suku bangsa. Rancangan-Nya tidak dapat dibatalkan atau digagalkan oleh kekuatan dan keangkuhan manusia. Semua aktivitas manusia ada dalam supervisi Tuhan tiap-tiap hari. Tidak ada yang dapat kita sembunyikan bahkan ketika hal itu masih merupakan niat yang ada di dalam hati sekalipun. Tuhan berkuasa membentuk dan mengubah rancangan yang ada dalam hati manusia. Dia berkuasa atas semua ciptaan-Nya, menjadikan yang tidak ada menjadi ada dengan Firman-Nya menurut kehendak-Nya.

Inspirasi: Mari kita hidup senantiasa takut akan Tuhan. Terus belajar menyadari bahwa tak satupun dari kita luput dari pandangan-Nya. DIA selalu memperhatikan saudara. (DPL)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response