Renungan

MELAKUKAN TANGGUNG JAWAB BESAR – 1

311views

Bacaan : Nehemia 2:11-20

“Aku menyelidiki dengan seksama tembok-tembok Yerusalem yang telah terbongkar dan pintu-pintu gerbangnya yang habis dimakan api.” ( Nehemia 2 : 13b )

Nehemia adalah ahli pembangunan juga. Dalam pasal 2, kita akan melihat apa yang dilakukan oleh Nehemia.

  1. Nehemia pertama ‘mengisi ulang’ tenaganya. (11). Ketika ia tiba di Yerusalem, ia bisa menghargai mengapa saudaranya Hanani keluar dengan begitu kacaunya.Saat ia melihat tembok kota hancur dan gerbang tak berfungsi lagi, ia kewalahan. Tapi, sebelum dia bisa memeriksa lebih dekat, ada prioritas yang lebih besar. Nehemia butuh memulihkan tenaganya. Ia butuh istirahat.

Mungkin perjalanan menuju ke kota itu begitu panjang, bahkan berbulan-bulan, dan sangat melelahkan. Ezra melakukan hal yang sama ketika ia tiba di Yerusalem bertahun-tahun sebelumnya ketika ia beristirahat selama tiga hari (lihat Ezra 8:32). Sama seperti Elia membutuhkan istirahat di bawah pohon arar, dan Yesus memisahkan diri dari murid-muridnya untuk istirahat, demikian juga,saudara dan saya perlu memastikan apakah kita mengisi ulang tenaga /sumber daya kita secara teratur. Jangan mencoba untuk membuat keputusan besar ketika saudara lelah. Seseorang biasanya sangat sensitif dan mudah marah, ketika dalam keadaan sangat kelelahan.

  1. Setelah kekuatan/tenaga Nehemia kembali pulih, Nehemia mencatat kebutuhan. Kita melihat ini dalam ayat 12-16. Nehemia tahu bahwa untuk memimpin proyek ini, ia membutuhkan gambaran langsung tentang apa yang perlu dilakukan. Dia kemudian keluar di malam hari untuk melihat kerusakan pada tembok. Mungkin tidak ada senter, apalagi listrik, dan mungkin hanya mengandalkan cahaya bulan, dia melihat kerusakan di gerbang dan tembok Yerusalem. Nehemia membuat beberapa catatan-catatan.

Inspirasi: Adakah tanggung jawab besar yang dipercayakan kepada saudara saat ini? Jika Ya,persiapkanlah dengan baik. Ingatlah bahwa ketika saudara mempersiapkan dengan baik, maka saudara akan dipercayakan untuk tugas dan tanggung jawab yang lebih besar lainnya. (MoI)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response