Renungan

MEMBERI PERTANGGUNGJAWABAN

117views

MEMBERI PERTANGUNGJAWABAN

Bacaan : Roma 14:10-12

“Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu? Atau mengapakah engkau menghina saudaramu? Sebab kita semua harus menghadap tahta pengadilan Allah. Karena ada tertulis: “Demi aku hidup, demikianlah firman Tuhan, semua orang akan bertekuk lutut dihadapan-Ku dan semua orang akan memuliakan Allah.” Demikianlah setiap orang diantara kita akan memberi pertanggung jawab terhadap dirinya sendiri kepada Allah.” ( Roma 14 : 10 )

Semasa kecil di kampung, tugas saya sepulang sekolah adalah menggembalakan 11 ekor sapi milik orang tua kami. Saya harus membawa sapi–sapi tersebut ke padang rumput, sesudah itu memberi mereka minum di sungai. Hati saya sangat senang melihat sapi-sapi itu menjadi gemuk.

Setiba saya di rumah dari tugas menggembalakan, ayah selalu memanggil saya dan bertanya tentang keadaan sapi-sapi tersebut.  Dengan kata lain, ia meminta pertanggungjawaban saya. Karena ayah selalu membagi tugas kepada kami, anak-anaknya, termasuk saya yang bertugas  menggembalakan sapi.

Dengan senang hati saya akan menceritakan keadaan ternak sapi kami, kadang kala saya  merasa takut jika ada seekor sapi hilang, dan sore hari belum berkumpul dengan sapi yang lain. Apapun situasinya, saya tetap harus memberi laporan kepada ayah saya.

Sebelum Tuhan Yesus naik ke sorga, Ia memberi perintah Agung kepada murid-murid-Nya : “Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku.” Ketika Ia datang kembali, IA akan minta pertanggungjawaban dari setiap murid-Nya. Termasuk saudara dan saya.

Ia tidak bertanya berapa deposito kita di bank, berapa rumah kita dan apa jabatan kita, dan lain sebagainya. Tetapi Dia akan bertanya “Berapa orang yang telah kita bawa dan muridkan bagi-Nya.

Dan seperti kata Paulus dalam bacaan kita di atas, masing-masing kita akan menghadap tahta pengadilan Allah untuk memberi pertanggungjawaban terhadap diri kita sendiri.

Inspirasi: Mari kita bergandengan tangan  melaksanakan Amanat Agung Tuhan kita, agar  lebih banyak lidah  akan mengaku dan lutut bertelut  untuk menyembah Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka. (WW)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response