Renungan

MENJAGA HATI

746views

MENJAGA HATI

Bacaan : Amsal 4

“Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan” (Amsal 4:23)

Pada umumnya orang berpendapat bahwa otak adalah pusat pengatur kegiatan manusia. Tetapi Alkitab mengatakan bahwa hati adalah pusat, “… karena dari situ terpancar kehidupan.” Menurut Alkitab, hati adalah keseluruhan pikiran, perasaan dan kehendak seseorang.

Hati adalah pusat pikiran seseorang, orang sadar akan sesuatu dalam hatinya (Ulangan 8:5); berdoa dalam hati        (I Samuel 1:12-13), Merenung dalam hati (Mazmur 19:25), percaya dalam hati (Roma 10:9), ragu hatinya (Markus 11:23) dan sebagainya. Seluruh kegiatan hati ini semuanya menyangkut pikiran.

Hati juga pusat perasaan: hati yang gembira, hati yang penuh kasih, hati yang takut, hati yang berani, hati yang kuatir, hati yang penuh amarah, hati yang susah, dsb. Semua kegiatan hati itu bersifat emosional.

Hati juga pusat kehendak: ada hati yang keras dan menolak perintah Allah (Keluaran 4:21); hati yang setia mencari Tuhan (I Tawarikh 22:19), hati yang terarah pada hukum-hukum Allah (Mazmur 119:6), semua kegiatan itu berkenaan dengan kehendak manusia.

Hati memegang peranan penting dalam kehidupan kita, oleh karena itu Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita untuk selalu menjaga hati.

Renungkan: Hanya Roh Kudus yang dapat menjaga hati kita agar tetap bersih, murni dan kudus. Oleh karena itu hiduplah selalu dalam pimpinan-Nya.  ( R ).

Jika saudara diberkati dengan Renungan  di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

  1. [maxbutton id=”4″ ]
  2. [maxbutton id=”5″ ]
  3. [maxbutton id=”6″ ]

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut ini:

Facebook Comments

Leave a Response