Renungan

MUDA BERKARYA DAN SUKSES

47views

Bacaan : I Samuel 16 : 6 – 13

Kemudian disuruhnyalah menjemput dia. Ia kemerah merahan, matanya indah dan parasnya elok. Lalu Tuhan berfirman “ Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia”.
(I Samuel 16 : 12)

Banyak tokoh-tokoh Alkitab yang dipilih ketika mereka masih muda, pada bacaan kita hari ini Daud, ayat mas kita menyebutkan dia masih kemerah-merahan. Beberapa referensi menyebutkan dia masih berusia sekitar 16 tahun. Dibagian lain kita dapat membaca Yusuf, Samuel, Musa dan masih banyak yang lainnya, orang-orang muda yang kemudian sukses dalam kehidupan mereka.

Steve Jobs Tahun 1976  (21 tahun),  bersama rekannya Steve Wozniak, mulai mendirikan  Apple Computer Co. di garasi rumahnya. Dengan susah payah mengumpulkan  modal yang diperoleh dengan menjual barang-barang mereka yang paling berharga.

Komputer pertama mereka, “Apple 1”  berhasil mereka jual  sebanyak 50 unit kepada sebuah toko lokal. Dalam beberapa tahun, usaha mereka  cukup berkembang pesat sehingga tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley dari  Pepsi Cola untuk memimpin perusahaan itu.

Sampai sejauh itu, Apple Computer  menuai kesuksesan dan makin menancapkan pengaruhnya dalam industri komputer terlebih dengan diluncurkannya Macintosh. Namun, pada tahun 1985, setelah konflik dengan Sculley, Jobs harus meninggalkan perusahan yang telah dibangunnya.

Setelah menjual sahamnya, Jobs mengalami  kesedihan yang  luar biasa. Namun, tak lama setelah itu,  Ia pun memulai usaha baru yaitu perusahaan komputer  NeXT dan perusahaan animasi Pixar.

NeXT yang sebenarnya sangat maju dalam hal teknologinya ternyata tidak membawa hasil yang baik secara komersil. Akan tetapi, Pixar adalah sebuah kisah sukses lain berkat tangan dinginnya.  Melalui  Pixar, Jobs membawa trend baru dalam dunia film animasi seiring dengan  diluncurkannya film produksinya Toy Story dan selanjutnya Finding Nemo dan The  Incredibles.

Sepeninggal Jobs dan semakin kuatnya dominasi IBM dan Microsoft membuat Apple kalah bersaing dan nyaris terpuruk. Maka, tahun 1997, Jobs dipanggil kembali untuk mengisi posisi pimpinan sementara. Dengan mengaplikasi teknoligi yang dirancang di NeXT, kali ini Apple kembali bangkit  dengan berbagai produk berteknologi maju macam MacOS X, IMac dan salah satu yang fenomenal yaitu iPod.

Inspirasi : Kalau Daud kemudian menjadi raja besar, semua itu karena banyak ujian dan kegagalan yang membuat dia bangkit kembali. Kisah  sukses Steve Jobs mengajarkan kepada kita bahwa tidak ada kesuksesan yang  instan. penolakan dan kegagalan seringkali mewarnai perjalanan hidup kita, tapi  jangan biarkan semua itu membuat kita berhenti. (WS)

Jika saudara diberkati dengan Renungan di atas, silahkan klik pilihan di bawah ini :

Atau tuliskan komentar saudara melalui kolom berikut :

Facebook Comments

Leave a Response